Sanitasi Yang Baik Untuk Meningkatkan Taraf Kesehatan Masyarakat di Desa Baru

Desa Baru Kecamatan Mataraman menggelar Sosialisasi.(Foto Kominfo Banjar for Banjarbaruklik.com)
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Dalam rangka meningkatkan taraf Kesehatan masyarakat, Desa Baru Kecamatan Mataraman menggelar Sosialisasi pembangunan jamban individual dan tangki septik Biofill yang akan dilaksanakan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Sanitasi tahun anggaran 2024, di Balai Kemasyarakatan Desa Baru, Kamis (6/6/2024).

Hadir dalam kegiatan Sosialiasi ini Ketua KSM Peduli Lingkungan, DPM yang berjumlah 52 Keluarga, Kepala Desa Baru beserta perangkat desa, BPD, Bidan Desa atau yang mewakili dan Kasi PLP PUPR Kabupaten Banjar, Bangun Tambunan beserta TFL (Tenaga Fasilitator Lapangan).

Read More

Kepala Desa Baru Hariyanto menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Banjar melalui Dinas PUPR Kabupaten Banjar atas kepercayaannya serta dukungan untuk percepatan penurunan angka stunting di Desa Baru dengan memberikan bantuan pembangunan jamban individual serta tangki septik.

“Semoga melalui sanitasi rumah yang baik dapat meningkatkan taraf kesehatan masyarakat desa Baru,” ujarnya.

Kepala Seksi PLP Bangun Tambunan menyampaikan, Desa Baru merupakan salah satu desa penerima bantuan jamban dari 15 desa penerima se-Kabupaten Banjar.

Dalam Sosialaisasi ini, narasumber Muhammad Sauki menyampaikan mengapa penting bagi rumah tangga untuk memiliki jamban.

“Pengguanaan tangki septik mencegah tinja dan kotoran merembes dan mencemari sumber air, baik itu mata air tanah, maupun sungai. Disampaikan pula terkait teknis pembangunan serta instalasi tangkis septik tersebut,” jelasnya.

Lanjutnya, diharapkan menjadi titik awal positif dalam transformasi menuju kondisi sanitasi yang lebih baik, memberikan dampak positif bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Desa Baru secara menyeluruh.

Reporter : Ahdalena/ MC Kominfo Banjar

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *