Sabtu Sebelum Subuh, Paman Birin Ziarah ke Makam Tuan Guru Surgi Mufti

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Aktivitas Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor pada Sabtu (6/8) dinihari sebelum Salat Subuh melakukan ziarah ke makam Syekh Jamaluddin Al- Banjari atau biasa disebut Tuan Guru Surgi Mufti.

Berlokasi di Jalan Sungai Jingah Kecamatan Banjarmasin Utara Kalsel, dalam ziarah yang didampingi Staf Khusus H. Achmad Maulana dan Kepala Biro Administrasi Pimpinan H. Berkatullah itu, Paman Birin membaca Surah Yasin dan membaca do’a kepada Allah SWT untuk keselamatan dan keberkahan warga Banua.

Read More

“Alhamdulilah. Sabtu pagi ini bisa berziarah ke Makam Syekh Jamaluddin Al Banjari. Mudahan kita semua sehat berataan, selamat, dan mendapatkan berkah dari Allah SWT,” sampai Paman Birin.

Rutinitas ziarah ini pun rutin dilakukan Paman Birin. Disamping juga silaturahmi ke alim ulama.

Tidak hanya di banua saja, tetapi juga di luar daerah sebagai bentuk penghormatan kepada ulama sebagai waratsatul anbiya.

Diketahui saja, Syekh Jamaluddin Al Banjari namanya pun sampai saat ini masih diabadikan sebagai nama kelurahan Surgi Mufti di Banjarmasin Utara.

Tuan Guru Surgi Mufti merupakan satu dari sejumlah ulama banua yang namanya tersohor hingga saat ini.

Tuan Guru Surgi Mufti dalam riwayatnya merupakan putra pasangan Haji Abdul Hamid Kosasih dan Hj Zaleha.

Tuan Guru Surgi Mufti adalah cicit atau keturunan Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari atau lebih dikenal Datuk Kalampayan.

Menurut informasi zuriahnya, Tuan Guru Surgi Mufti sebelumnya dilahirkan di Desa Dalam Pagar, Astambul, Martapura pada tahun 1243 Hijriah atau 1828 masehi silam.

Tuan Guru Surgi Mufti semasa hidupnya juga merupakan seorang ulama yang sangat banyak menimba ilmu-ilmu agama di tanah suci Mekkah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.