Rumah Jomblo, Spot Destinasi Wisata Yang Masih Menjadi Primadona di Banjarbaru

  • Whatsapp
Waktu Baca : 3 menit





Banjarbaruklik – Masih di Banjarbaru, area aspot lokasi unik untuk liburan tema rumah yakni rumah jomblo.

Rumah Jomblo adalah rumah kayu sederhana yang berada di atas gundukan tanah Tinggi bekas galian c (tanah/pasir).

Read More

Posisinya tinggi di atas gundukan tanah merah di tengah area sebuah perumahan di kawasan Kesatrian Secaba dan Dodiklatpur di Jalan Gunung Kupang, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Rumah ini dari segi penampakannya biasa saja. Namun rumah ini hits karena dipakai tempat foto foto oleh warga di kawasan Banjarbaru.

Dalam sejarahnya, rumah jomblo tersebut sempat ambruk tersapu dan tertiup angin kencang pada Rabu (25/10/2017). Namun setelah itu rumah Jomlo kembali dibangun.

Pemrakarsa pembangunan kembali rumah Jomlo tersebut oleh pihak diveloper atau pengembang perumahan yang berada di kawasan tersebut. Developernya yakni PT Citra Graha. Dibangunnya kembali rumah jomblo tersebut adalah sebagai tempat wahana selfie dan tempat foto.

Tempat wisata yang beralamat di Gunung Kupang, Cempaka itu sudah menjadi ikon Banjarbaru. Sehingga, pihak pengembang tidak akan membiarkannya hilang begitu saja.

Rumah Jomblo sempat viral. Rumah Jomblo ini sempat dinobatkan salah satu televisi swasta nasional sebagai objek wisata teraneh tersebut bakal diberi fasilitas baru.

Jika dilihat, tak ada yang istimewa dari rumah ini.Bahannya kayu. Perbedaan dari rumah yang sebelum diterjang angin adalah anakan rumah. Sebelum ditiup angin rumah kayu ini agak besar karena ada atap anakannya. Sementara yang baru ini hanya satu dan tampak lebih kecil.

Rumah ini hanya bisa dilihat dari bawah dan dari kejauhan.  Di sekitarnya ditumbuhi tanaman-tanaman liar.

Memang tak ada yang istimewa dari segi penampakannya, namun rumah ini kerap menarik perhatian warga hingga wisatawan dari luar daerah yang melihatnya.

Hal itu dikarenakan posisinya yang dianggap unik dan berbeda sebab menjulang tinggi sendirian di atas gundukan tanah di atas bukit di tengah area perumahan.

Pemandangan rumah tersebut memang sangat berbeda, kontras sekali dengan perumahan di sekelilingnya sehingga kerap menjadi perhatian pengunjung.

Rumah itu beberapa tahun belakangan ini populer di media sosial yang kerap diposting oleh para anak muda pecinta alam di Kalimantan Selatan.

Dan uniknya lagi adalah namanya. Rumah ini awalnya memang tanpa nama, namun para anak muda itu kerap menamainya di media sosial dengan sebutan Rumah Jomblo.

Terdengar unik dan kerap menarik perhatian.Banyak pertanyaan bermunculan tentang rumah ini, mengapa dinamai demikian.

Apakah rumah itu milik seorang jomblo atau karena ada sebab lainnya.Ternyata banyak yang mengatakan alasannya karena rumah ini berada sendirian di atas sebuah gundukan tanah di atas bukit.

Tak ada bangunan lainnya di samping dan belakangnya.Kalau di bawahnya, banyak sekali perumahan yang sedang dibangun oleh pengembang perumahan tersebut.

Ibarat jomblo, rumah ini semacam tak memiliki teman atau pasangan, makanya disebut demikian.

Di sekitarnya didominasi pemandangan perbukitan dan pengunjung bisa melihat banyak bangunan seperti perumahan dan Kantor Gubernur Kalimantan Selatan dari kejauhan.(*)

sumber : tribunnews

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *