RPUM PDAM Intan Banjar, Sekda Banjarbaru: Laba untuk Investasi PDAM

  • Whatsapp
Waktu Baca : 2 menit

 

Read More

Banjarbaruklik – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Intan Banjar gelar Rapat Umum Penyertaan Modal (RPUM) di Aula Intan 3 PDAM Intan Banjar, Kamis (12/02/2021). 

Berhadir dalam Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru Drs H Said Abdullah. Tampak Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan yang di Wakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi  Kalimantan Selatan Syaiful Azhari dan Bupati Kabupaten Banjar, KH Khalilurrahman, serta Dewan pengawas PDAM Intan Banjar dan juga jajaran Direksi PDAM Intan Banjar serta undangan lainnya.

Usai Rapat Umum Penyertaan Modal (RUPM) PDAM Intan Banjar Tahun Buku 2020, Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru H Said Abdullah mengatakan kalau memang PDAM punya Grand Investasi yang besar dan memerlukan modal silahkan untuk diekspos.

“Walaupun kami pesimis untuk tahun ini karena keadaan pendanaan dari bagian pusat yang turun karena itu kami lebih mengharapkan kepada PDAM agar dapat meningkatkan efisiensi dalam pekerjaannya untuk menurunkan angka kehilangan air,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan bahwa dana yang masuk pada tahun 2021 ini sebesar Rp 10 miliar. Ia berharap agar dana tersebut digunakan dengan baik karena jika melihat pandemi ini rasanya sulit. 

Sementara untuk PDAM Intan Banjar daya belinya juga rendah dengan hal tersebut PDAM dituntut untuk meningkatkan efisiensinya menjadi lebih tinggi dengan daya beli yang rendah.  

“Kami akan menyetujui jika laba yang berlebih itu digunakan untuk investasi internal di PDAM. Untuk tahun ini juga PDAM mengalami penurunan pendapatan disebabkan salah satunya oleh kenaikan harga dari pembelian harga air curah sementara daya beli masyarakat turun sehingga mengalami penurunan,” jalasnya.

Menurutnya, seharusnya bersamaan dengan naiknya harga air curah, juga meningkatkan harga pembelian air bersih. Namun jika melihat kondisi saat ini. Jika menaikan harga air bersih maka yang terjadi hanyalah keributan dikalangan masyarakat.

“Namun, dibalik penurunan pendapatan yang dialami PDAM, mereka juga memiliki nilai kerja yang baik, seperti menurunnya presentase dari kehilangan air setiap tahunnya  dan meningkatnya aset yang mereka miliki,” pungkasnya. (Adl)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *