Resmikan Galeri Purun di Banjarbaru, Sandi Pesan Pengrajin Jaga Kualitas Produk

Waktu Baca : 2 menit
GALERI PURUN – Sandiaga Uno mengunjungi Kampung Purun dan meresmikan Galeri Purun, Rabu (11/12) sore. 


Banjarbaruklik
– Dalam runtutan jadwal kedatangannya ke Kota Banjarbaru, Founder Oke Oce Sandiaga Salahuddin Uno, mengunjungi Kampung Purun di Kelurahan Palam Cempaka Kota Banjarbaru, Rabu (11/12) sore.

Pada kesempatan tersebut, Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga sekaligus meresmikan galeri kampung Purun, didampingi Wakil Walikota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan.

Read More

Pria yang akrab dipanggil Bang Sandi ini, berkesempatan langsung melihat para pengrajin Purun, membuat anyaman Purun menjadi produk kerajinan dengan cara tradisional.

“Kerajinan purun harus terus dikembangan, ini layak dikatakan sebagai produk eco handy craft. Karena  memanfaatkan bahan baku yang ramah lingkungan. Semua saat ini Go Back To Nature. Bahan kerajinan seperti ini yang menarik bagi dunia, karena tidak menghilangkan keaslian dari purun itu sendiri,” ungkapnya kepada Banjarbaruklik.com

Menurutnya, produk kerajinan Purun layak ini sudah bisa dipasarkan di level internasional. Selain ada permintaan pasar, juga hal ini sangat unik. Karena meninjolkan kearifan lokal.

“Dengan produk kerajinan Purun ini, membuka peluang perkuat ekonomi dan penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat khususnya di Kota Banjarbaru,” jelasnya.

Dirinya juga tidak sungkan, mengutarakan keinginannya untuk memasukan usaha kerajinan purun kedalam usaha OK OCE. Pihaknya juga akan ada penandatangan bersama walikota dan wakil walikota untuk kerajinan purun ini masuk dalam produk di OK OCE.

“Saat ini kualitasnya sudah bagus. Kedepan dengan bertambahnya permintaan, saya pesan kepada para pengrajin Purun. Jangan sampai kualitas kerajinan Purun ini menurun, hal ini yang harus terus dijaga dalam produk, ekonomi kreatif,” tutupnya.

Sementara itu, Walikota Banjarbaru Darmawan Jaya Setyawan mengatakan, pihaknya sudah membina para pengrajin Purun ini sejak 2016 yang lalu. Tapi baru saja membangun galeri Purun ini.

“Kerajinan purun ini telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh Kementrian Pendidikan,” bebernya.(zai)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.