Ratusan Penari Meriahkan Banjarbaru Murdjani Festival 2022

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Berlangsung dengan meriah, Banjarbaru Murdjani Festival ke 4 tahun 2022 diramaikandengan ratusan penari dari puluhan paguyuban tari yang ada di Kota Banjarbaru.

Acara Banjarbaru Murdjani Festival yang digelar di depan Balai Kota, Jumat (9/12/2022) malam, dibuka secara langsung oleh Wali Kota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin SH MH.

Read More

Banjarbaru Murdjani Festival dimulai dengan tarian kolosal yang ditampilkan oleh sebanyak 250 penari dari 25 paguyuban diiringi dengan OBO Orkestra ini berhasil membuat ribuan masyarakat Banjarbaru bersorak dan tepukau atas penampilan.

Wali Kota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin SH MH mengaku sangat bersyukur karena Banjarbaru Mudjani Festival ke-4 ini berjalan sangat sukses dan lancar.
“Mudah-mudahan budaya ini tetap lestari hingga menarik wisatawan untuk datang ke Kota Banjarbaru. Ulun berharap di tahun depan acara ini semakin meriah lagi, dan lebih banyak menampilakn beragam budaya dari daerah lain,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Disporabudpar Kota Banjarbaru, Ahmad Yani Makie mengungkapkan, persiapan hingga terselenggaranya pementasan tari kolosal ini sangat singkat yang melibatkan ratusan penari.

“Waktu latihan hanya empat hari. Saya terharu dengan penampilan pada malam ini. Kawan-kawan paguyuban luar biasa sekali semangatnya, kebersamaannya, saling asah, saling asuh, saling memberi. Sangat luar biasa kebersamaan mereka sehingga hasilnya seperti ini,” ujarnya.

Ia ingin perayaan di tahun depan akan melibatkan lebih banyak penari dan para pelajar sehingga yang akan tampilkan menjadi 500 penari di tahun 2023 dengan mengusup konsep yang berbeda.

“Tema Kebhinekaan Banjarbaru ini artinya kita berbeda, kita Bersatu, Banjarbaru guyub, Banjarbaru harmoni. Video hasil festival malam ini akan kami kirim ke Kemenparekraf RI, dengan harapan bisa menjadi event tahunan dari Kementerian,” pungkasnya.

Adapun sanggar dan paguyuban kesenian yang ikut serta dalam penampilan yakni Meratus Lestari, Diva Suara Dharma Banjarbaru, Pewadahan Naga Banjarbaru, Kaswari Papua, Jaranna Langen Turonggo Budoyo, Sanggar Kelapa, Turonggo Pratiwi Putro, Sanggar Bali, Pagelaran Kesenian Mudoyo Mudo, Komdatus Kalsel, New Putra Binawa, Kindai Seni Kreatif, Perguruan Kuntau Pancar Batuah, Satrio Pringgondani, Lombur Guri, Reog Singo Budoyo, Sanggar Kayu Ulin, Group Reog Guno Sego, Pecinta Kesatria, Sanggar KDN, Turonggo Pelito Joyo, Sang Lintang dan Barongsai Persatuan Hakka Kalsel. (Adl)

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *