Purna Paskibraka Dikukuhkan sebagai Duta Pancasila, Paman Birin Ajak Bersama-sama Menjaga Banua

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Sekdaprov Roy Rizali Anwar melakukan Pengukuhan Purna Paskibraka Duta Pancasila Provinsi Kalsel Tahun 2024 di Gedung Idham Chalid kantor Gubernur di Banjarbaru pada sabtu (1/6).

Setidaknya ada 41 Purna Paskibraka Pemerintah Provinsi Kalsel tahun 2023 yang dikukuhan sebagai Purna Paskibraka Duta Pancasila Tahun 2024.

Read More

Pengukuhan tersebut dilakukan seusai pelaksanaan apel peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 yang digelar di halaman Kantor Gubernur Kalsel di Banjarbaru.

Dalam sambutannya, Paman Birin terlebih dahulu mengucapkan kepada para Purna Paskibraka Duta Pancasila Kalimantan Selatan, yang pada hari ini dikukuhkan.

Paman Birin berharap, para duta Pancasila ini, nantinya dapat mendorong dan merangkul semua elemen masyarakat, khususnya para pemuda yang ada di banua, untuk mencintai dan merawat Indonesia dari ideologi lain selain ideologi Pancasila.

“Kehidupan berbangsa dan bernegara kita, selalu mengalami banyak tantangan dan rintangan. Kebinekaan kita selalu diuji, inilah kekhawatiran yang pernah di ungkapkan Bung Karno,” ungkap Paman Birin.

Terlebih, di era sekarang, arus globalisasi yang tanpa kendali, penyalahgunaan media sosial yang begitu cepat menyebarkan berita-berita bohong yang semakin hari semakin mudah temukan.

“Maka dari itu, saya mengajak kepada seluruh masyarakat Kalimantan Selatan, khususnya lagi kepada duta Pancasila, untuk bersama-sama menjaga banua yang kita cintai ini dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Pemahaman dan pengamalan Pancasila harus terus kita ditingkatkan seiring berjalannya waktu,” harapnya.

Dirinya mengajak, kepada seluruh pemuda di Kalsel untuk kembali ke jati diri sebagai bangsa yang santun, berjiwa nasionalisme, dan memiliki toleransi yang tinggi.

“Mudah-mudahan, melalui duta-duta Pancasila ini, kiranya menjadi semangat baru untuk membumikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kita sehari-hari,” tutupnya.

Tampak hadir dalam pengukuhan itu para kepala SKPD Lingkup Pemprov Kalsel, pengasuh Purna Paskibraka Kalsel, serta orang tua dari seluruh paskibraka kalsel.

Reporter : Ahdalena/ Adpim Pemprov Kalsel

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *