Progres Pipa Tahap II di Kawasan Bandara Syamsudin Noor Sudah Capai 35 Persen

Waktu Baca : 3 menit
TAHAP II: Proses pemasangan pipa distribusi diameter 500 mm kawasan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin yang baru terus berlanjut. Saat ini progress sudah mencapai 35 persen. FOTO: PDAM INTAN BANJAR

Banjarbaruklik – Proses pemasangan pipa distribusi diameter 500 mm kawasan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin yang baru terus berlanjut. Direktur Teknik PDAM Intan Banjar Said Umar mengungkapkan, pihaknya bakal berusaha keras pekerjaan pemasangan pipa bisa selesai pada Mei 2020 ini.

“Saat ini Alhamdulillah sudah mencapai 35 persen. Kami perkirakan selesai sekitar bulan Mei 2020 ini,” pungkasnya, Sabtu (22/2).

Read More

Pengembangan pipa distribusi tahap dua yang dikerjakan oleh PT Putra Airlangga Mandiri ini sendiri dimulai pada Desember 2020 lalu. Pemasangan pipa yang saat ini sudah berada di Jalan Lingkar Utara Landasan Ulin Banjarbaru itu, menggunakan anggaran Penyertaan Modal Daerah (PMD) Kota Banjarbaru dan operasional PDAM Intan Banjar.

“Pekerjaan masih terus berlanjut. Tahap selanjutnya, kita berharap bantuan dari Pemprov Kalsel,” ujarnya.

Dijelaskan Said, tahap pertama pemasangan pipa distribusi ini dimulai dari IPA II Pinus di Kelurahan Mentaos Kota Banjarbaru. Kemudian tahap kedua dari Pondok Empat di dekat SMPN 9 Banjarbaru sampai di kawasan Jalan Golf, Landasan Ulin. Kemudian nantinya tahap tiga, PDAM Intan Banjar mencoba mengkoneksikan jalur distribusi ke IPA Gubernur Syarkawi.

“Tahap II ini masih belum sampai ke IPA Syarkawi. Masih sisa sekitar enam kilometer menuju Syarkawi,” ucapnya.

Dengan pemasangan pipa distribusi utama tahap dua bertujuan meningkatkan layanan distribusi air bersih kepada pelanggan di kawasan bandara. Karena selama ini, di beberapa tempat air leding belum 24 jam mengalir ke rumah-rumah pelanggan.

Seperti halnya pemasangan pipa distribusi di tahap satu yang berdampak pada peningkatan layanan, ke kawasan Perumahan Seribu salah satunya, pemasangan pipa tahap dua juga akan kian meningkatkan layanan kepada pelanggan yang ada di kawasan bandara.

“Yang sebelumnya belum 24 jam mengalir, dengan pemasangan pipa di tahap dua ini, air leding akan 24 jam mengalir. Terlebih lagi dengan dua sistem suplai air, akan kian mengoptimalkan layanan kepada pelanggan. Karena jika satu sistem sedang bermasalah, sistem satunya dapat menopang,” kata Said.

Selain itu juga, adanya pengembangan pipa distribusi ini untuk mendukung operasional Bandara Baru Syamsudin Noor Banjarmasin yang baru.

“Untuk suplay ke Bandara baru sendiri sudah disuplai dari pipa alternatif koneksi dari pipa di wilayah Guntung Damar. Diharapkan nantinya dengan adanya pengembangan ini, bisa lebih mendukung operasional Bandara,” pungkasnya. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.