Profil Desa dan Kelurahan Yang Akurat dan Akuntabel Disosialisasikan

Waktu Baca : 2 menit
BERI SAMBUTAN – Asisten II Bidang Perekonomian, Pembangunan dan kesra Dra Hj Mahrina Noor. Saat pembukaan, Sosialisasi Profil Desa dan Kelurahan (Prodeskel) yang Akurat dan Akuntabel, digelar di Aula Gawi Sabarataan, Selasa (2/12) lalu.

Banjarbaruklik – Sosialisasi Profil Desa dan Kelurahan (Prodeskel) yang Akurat dan Akuntabel, digelar di Aula Gawi Sabarataan, Sekretariat Daerah Kota Banjarbaru, Selasa (2/12) lalu.

Sosialisasi berdasarkan Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 ini, disosialisasikan bagi Petugas Operator pada Kecamatan dan Kelurahan di Kota Banjarbaru.

Read More

“Pemko Banjarbaru mendukung penuh kegiatan Sosialisasi Prodeskel ini. Kami berharap, tujuan kegiatan dapat tercapai. Sehingga para operator biaa menginput profil dan data kelurahan secara benar,” ungkap Asisten II Bidang Perekonomian, Pembangunan dan kesra Dra Hj Mahrina Noor.

Dia berharap kegiatan ini, bisa  meningkatkan kompetensi aparatur kecamatan dan kelurahan. Dalam pengisian dan penginputan profil kelurahan dapat tercapai,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Banjarbaru, Ir Hj Puspa Kencana menambahkan. Tujuan pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini, agar setiap kelurahan di Kota Banjarbaru dapat menginput profil kelurahan. Tentang data kelurahan secara benar,

“Serta meningkatkan kompetensi aparatur kecamatan dan kelurahan. Dalam pengisian dan penginputan profil kelurahan. Hal ini bersangkutan dengan latar belakang permasalahan yang ditemui,” terangnya.

Puspa menambahkan, latar belakang permasalahan yang ditemui dilapangan. Diantaranya, ketersediaan data yang merupakan salah satu aspek penting dalam perencanaan pembangunan. Penyediaan data yang belum optimal, hal ini dapat dilihat dari berbagai permasalahan yang timbul oleh ketidakakuratan data.

“Seperti kasus Daftar Pemilih Tetap (DPT), Bantuan Langsung Tunai (BLT), dan profil desa atau kelurahan (Prodekel). Dimana merupakan gambaran menyeluruh tentang karakter desa dan kelurahan. Meliputi data dasar keluarga(DKK), potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, kelembagaan, sarana dan prasarana. serta perkembangan kemajuan dan permasalahan yang dihadapi desa dan kelurahan,” bebernya.

Dengan narasumber dari DIRJEN Bina Pemerintah Desa Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Lalu Dinas PMD Provinsi Kalimantan Selatan, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak, Bapeda, dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjarbaru.

Pada Sosolialisasi ini membahas materi, seperti menjelaskan pengisian dan pemutakhiran data, kebijakan, kedudukan Prodeskel dan Edveskel. Dalam penyelenggaraan Pemerintahan Kelurahan, pengelolaan dana kelurahan, dan sistem informasi berbasis IT.(*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.