Prodi Ilkom Gelar SOLITER ke-2, Bahas Mendalam e-Government di Era Revolusi Industri 4.0

Waktu Baca : 2 menit
SMART CITY: Program Studi Ilmu Komputer Fakultas MIPA ULM tahun 2019 kembali mengadakan Seminar Nasional Ilmu Komputer (SOLITER) yang ke-2. Tema kali ini “Sistem E-government pada Era Revolusi Industri 4.0”.

Banjarbaruklik – Program Studi Ilmu Komputer Fakultas MIPA ULM tahun 2019 kembali mengadakan Seminar Nasional Ilmu Komputer (SOLITER) yang ke-2. Kali ini, Prodi yang dihuni anak-anak IT di Banua itu langsung mendatangkan nara sumber ahli dari Kementerian Komunikasi dan Informatika yakni Bambang Dwi Anggono, Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan, Kemenkominfo RI.


Selain dari Kominfo, panitia juga mendatangkan nara sumber berkompeten yakni Romi Satria Wahono, seorang praktisi bidang TIK, CEO dan Founder Braindevs dan Radityo Adi Nugroho, Kepala Pusat Teknologi dan Informatika Universitas Lambung Mangkurat (PTIK ULM), dosen Program Studi Ilmu Komputer ULM.

Ketua Panita SOLITER Irwan Budiman mengungkapkan, seminar kali ini mengusung tema “Sistem E-government pada Era Revolusi Industri 4.0”. Tujuannya untuk membuka wawasan peserta khususnya dari kalangan pemerintahan daerah dan akademisi.

Pelaksanaannya digelar Kamis (31/10) nanti di Hotel Roditha Banjarbaru. Selain seminar ada pula sesi penyampaian makalah oleh peserta pemakalah. Pendaftaran peserta dibuka sampai tanggal 28 Oktober 2019 nanti.

Dijelaskan Irwan, e-government pada dasarnya adalah sebuah sistem informasi kepemerintahan. Komponen sistem informasi terdiri dari hardware, software, prosedur kerja dan personil yang yang menjalan prosedur kerja. Dimana komponen tersebut bersinergi untuk mencapai tujuan organisasi.

Revolusi industri 4.0 hadir seiring dengan perkembangan Arificial Intelligence, Big Data, Internet of Things dan Cloud Computing. Sistem pemerintahan harus mampu beradaptasi dengan fenomena ini agar mampu mewujudkan smart city.

“E-Government ini sudah sering kita dengar. Namun masih banyak yang belum memahami secara mendalam e-government itu sendiri. Karena itu, pada seminar kali ini, akan kita bahas mendalam dan mengundang narasumber mewakili dari kalangan industri, kalangan pemerintah dan kalangan akademisi,” ujarnya. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.