Prestasi Gemilang Pesilat Balangan di Kejurnas Pencak Silat PPLP/PPLPD/SKO se-Indonesia

Atlet pencak silat Kabupaten Balangan usai berlaga pada Kejurnas Pencak Silat di Banjarbaru.(Foto MC Balangan for Banjarbaruklik.com)
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Kabupaten Balangan kembali mengukir prestasi membanggakan di kancah nasional. Dalam ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pencak Silat Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP)/Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar Daerah (PPLPD)/Sekolah Khusus Olahraga (SKO) se-Indonesia yang digelar oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI), para pesilat asal Balangan berhasil menunjukkan kemampuan terbaik mereka dan membawa pulang sejumlah medali.

Muhammad Sandi Ananda, pesilat muda berbakat dari Kecamatan Juai, Balangan, berhasil meraih gelar Pesilat Terbaik Putra dalam nomor tanding Kelas B (43-47Kg). Prestasi ini tak hanya menambah deretan medali emas bagi kontingen PPLP Kalimantan Selatan, tetapi juga menjadi bukti nyata kualitas pembinaan atlet di daerah ini.

Read More

Selain Sandi, prestasi juga ditorehkan oleh pesilat lainnya, Bunawar dan Muhammad Padillah, yang masing-masing berhasil meraih medali perunggu. Muhammad Padillah, yang membela PPLPD Balangan, turut menunjukkan bahwa pesilat dari Balangan mampu bersaing di level nasional.

Ahmad Juliansyah, Kepala Pelatih Pencak Silat Balangan, mengungkapkan rasa syukur dan kebanggaannya atas hasil yang diraih para atlet. “Kejurnas ini adalah event resmi yang diadakan oleh Kemenpora RI dan sangat layak mendapatkan apresiasi dari pemerintah daerah. Para atlet yang bertanding adalah pesilat elit yang dibina dalam Pusat Pembinaan Latihan Pelajar (PPLP) se-Indonesia,”katanya, Sabtu (1/6/2024).

Acara yang berlangsung dari 26 Mei hingga 1 Juni 2024 di Gor Babussalam, Kalimantan Selatan ini diikuti oleh 38 provinsi se-Indonesia. Dengan prestasi ini, Balangan semakin menunjukkan eksistensinya dalam dunia pencak silat nasional.

Prestasi yang diraih oleh para pesilat Balangan ini tidak hanya menjadi kebanggaan daerah, tetapi juga menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus berjuang dan berprestasi. Dukungan dan apresiasi dari pemerintah daerah diharapkan dapat terus memotivasi para atlet untuk mengharumkan nama Balangan di masa depan.

Reporter : Ahdalena/ MC Balangan

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *