Presiden Jokowi Resmi Tandatangani Keppres Baru Ganti Libur “Isa Almasih” Jadi “Yesus Kristus”

Presiden Joko Widodo.(Foto : kompas.com)
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, telah secara resmi menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 8 Tahun 2024, yang mengatur tentang hari-hari libur nasional. Keputusan ini menandai perubahan penting dalam nomenklatur beberapa hari libur, terutama yang berkaitan dengan perayaan keagamaan Kristen.

Salah satu perubahan signifikan yang diperkenalkan melalui Keppres ini adalah penggantian istilah ‘Isa Almasih’ dengan ‘Yesus Kristus’. Dengan demikian, keempat perayaan terkait dengan Yesus Kristus dalam kalender nasional Indonesia kini akan dikenal sebagai hari Kelahiran Yesus Kristus, Wafat Yesus Kristus, Kebangkitan Yesus Kristus atau Paskah, dan Kenaikan Yesus Kristus.

Read More

Perubahan ini diusulkan oleh Wakil Menteri Agama, Saiful Rahmat Dasuki, pada September 2023, sebagai respon terhadap permintaan dari komunitas Kristen dan Katolik di Indonesia. “Ini usulan dari umat Kristen dan Katolik, agar nama nomenklatur itu justru memang diubah ke yang mereka yakini,” ujar Saiful di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, pada bulan September tahun lalu.

Keputusan ini mencakup daftar 16 hari libur nasional, yang merangkum berbagai perayaan lintas agama dan peristiwa penting di Indonesia, termasuk Tahun Baru Masehi, Tahun Baru Islam Hijriah, Isra Mikraj Nabi Muhammad S.A.W., Idul Fitri, Idul Adha, Maulid Nabi Muhammad S.A.W., dan lain-lain.

Sebelum diterbitkannya Keppres Nomor 8 Tahun 2024, pemerintah Indonesia menggunakan istilah ‘Isa Almasih’ dalam konteks Hari Kenaikan Yesus Kristus dan Wafat Yesus Kristus. Perubahan ini menandai langkah baru dalam pengakuan dan penghormatan terhadap keragaman agama dan keyakinan di Indonesia.

Reporter : Ahdalena

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *