Polres Banjarbaru Gelar Operasi Zebra Intan 2023 untuk Disiplin Lalu Lintas

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Polres Banjarbaru menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Kewilayahan “Zebra Intan-2023” di Lapangan Hijau Mako Polres Banjarbaru, Senin (4/9/2023).

Operasi Zebra ini merupakan bagian dari upaya rutin Polri untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap aturan lalu lintas, dengan tujuan mengurangi angka kecelakaan dan pelanggaran di jalan.

Read More

Apel gelar pasukan ini merupakan langkah awal dari rangkaian Operasi yang akan berlangsung selama 14 hari, dari tanggal 4 hingga 17 September 2023.

Dalam sambutannya, Kapolres Banjarbaru, AKBP Dody Harza Kusumah SIK SH MSi menekankan pentingnya Operasi Zebra dalam menjaga keselamatan dan ketertiban lalu lintas.

“Keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di jalan raya merupakan hal yang krusial, karena hampir semua aktivitas masyarakat melibatkan penggunaan jalan. Jalan juga merupakan faktor penting dalam pertumbuhan ekonomi sebuah negara,” ujar AKBP Dody Harza.

AKBP Dody Harza menyoroti kompleksitas masalah lalu lintas, seperti kemacetan, pelanggaran, dan kecelakaan yang semakin meningkat. Ini disebabkan oleh kurangnya kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap aturan lalu lintas.

Guna mengatasi tantangan ini, Polda Kalimantan Selatan, termasuk Polres Banjarbaru, mengadakan “Operasi Zebra Intan-2023” dengan pendekatan edukatif, persuasif, dan humanis.

Mereka juga akan menerapkan penegakan hukum elektronik, baik secara statis maupun mobile, serta memberikan teguran yang bersifat simpatik.

Kata, Kasat Lantas Polres Banjarbaru, AKP G M Angga Satrya Wibawa tujuannya adalah meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, dengan harapan dapat mengurangi pelanggaran dan kecelakaan, serta membangun budaya tertib berlalu lintas.

Operasi Zebra Intan 2023 memiliki beberapa target dan tujuan, termasuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, mengurangi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, serta menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan.

Selain itu juga menegakkan hukum terhadap tujuh prioritas pelanggaran, seperti penggunaan ponsel saat berkendara, pengemudi di bawah umur, dan lainnya. Adapun personel yang diturunkan dalam Operasi Zebra Intan 2023 yakni sebanyak 35 orang.

Selain penegakan hukum, Operasi ini akan disertai dengan program edukatif dan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya disiplin lalu lintas. Polri juga akan bekerja sama dengan instansi terkait lainnya untuk mensukseskan kegiatan ini.

“Masyarakat dihimbau untuk aktif berpartisipasi dalam menciptakan lalu lintas yang aman dan tertib selama pelaksanaan Operasi Zebra Intan-2023. Kepatuhan terhadap aturan lalu lintas adalah kunci untuk mengurangi angka kecelakaan dan pelanggaran, serta meningkatkan keselamatan semua pengguna jalan,” pesannya.

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *