Polres Balangan: Materi Praktik Ujian SIM C yang Baru Permudah Masyarakat

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik– Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Balangan Iptu Tatak Kusdaryono mengatakan materi praktik ujian Surat Izin Mengemudi (SIM) C yang baru dianggap sangat mempermudah masyarakat dalam memperoleh surat izin mengemudi.

“Materi praktik ujian SIM C yang baru ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam pembuatan SIM C baru, tanpa mengurangi keselamatan dan keahlian berkendara sepeda motor tetapi malah mempersingkat proses ujian menjadi satu trek,” kata Tatak di Balangan, Rabu.

Read More

Tatak Kusdaryono menuturkan untuk memperoleh SIM dengan mudah, Korlantas Polri resmi menghapus materi ujian praktik yang semula trek berbentuk angka delapan dan zigzag untuk sepeda motor kini diganti menggunakan metode baru.

Tatak melanjutkan bahwa skema pembuatan uji surat izin mengemudi yang sebelumnya berbentuk angka delapan, kini diganti menjadi membentuk huruf S.

Selain itu ucap Tatak, dia juga menjelaskan bahwa trek uji surat izin mengemudi kini juga lebih lebar dari yang sebelumnya.

“Untuk ujian praktik dalam proses pengajuan SIM sepeda motor, yaitu trek berbentuk angka delapan dan zigzag sudah tidak berlaku lagi mulai hari ini dan ukuran lintasan diperlebar yang semula 1,5 kali lebar kendaraan menjadi 2,5 kali dari lebar kendaraan,” jelasnya.

Tatak menambahkan bahwa ujian praktik SIM C baru untuk pengendara sepeda motor sudah berlaku efektif.

Perlu diketahui bahwa materi ujian praktik SIM baru ini diterapkan setelah dilakukan kajian-kajian yang berdasarkan hasil akomodasi dari empat materi uji SIM. (MC)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *