Pj Gubernur Kalsel Minta Semua Daerah Prioritaskan Penanganan Covid-19

  • Whatsapp
Pj Gubernur Kalsel Minta Semua Daerah Prioritaskan Penanganan Covid-19
Waktu Baca : 2 menit

Pj Gubernur Kalsel

Banjarbaruklik – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan adakan Rapat Koordinasi Kepala Daerah se-Kalimantan Selatan di gedung Idham Chalid, Kamis (4/3/2021) kemarin.

Read More

Dalam agenda rapat tersebut membahas berbagai hal yang terjadi di Kalimantan Selatan, salah satunya adalah penanganan Covid-19.

Perlu diketahui tren perkembangan pandemi di Kalsel memperlihatkan penurunan pertambahan kasus positif dibandingkan beberapa bulan lalu.

Namun, keseluruhan tren belum turun. Beberapa kabupaten dan kota di Kalsel menunjukkan angka positif Covid-19 yang cukup banyak. Dan hal tersebut menjadi perhatian bagi pemegang kewenangan.

“Angka ini kalau naiknya hasil tracking, bagus. Artinya, kita mengecilkan potensi penularan dan mengurangi fatality rate yang mungkin terjadi,” ujar Pj Gubernur Kalsel, Safrizal.

Dimana fatality rate atau tingkat fatalitas kasus selama ini menjadi sorotan. Fatality rate merupakan angka kematian yang disebabkan oleh penyakit tertentu. “Yang dibaca adalah fatality rate. Maka, strategi screening terus kita lakukan,” paparnya

Ia pun menginstruksikan seluruh SKPD Pemprov Kalsel untuk memberlakukan screening sejak dini. Yang mana screening berguna untuk mencegah potensi penularan, minimal di lingkup keluarga.

Saat ini, jenis screening yang diprioritaskan adalah antigen, dengan akurasi mencapai 97 persen. Maka, diimbau untuk memberlakukan swab antigen di acara-acara yang mengundang banyak masyarakat. Dimana penanganan Covid-19 masih menjadi prioritas di tingkat kabupaten, kota, dan nasional.

“Sehingga harus tercermin di program dan anggaran yang kita lakukan. Pengertian prioritas ada programnya, kegiatan, dan alokasi anggaran, di samping inovasi-inovasi yang terus dilakukan,” pungkasnya. (Adl)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *