Pilihan Nutrisi Utama, Membandingkan Manfaat Kuning dan Putih Telur

Ilustrasi telur.(Foto : sonora.id)
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Telur merupakan sumber nutrisi yang tak tergantikan dalam menu harian kita, dikenal luas karena kandungan proteinnya yang tinggi serta vitamin dan lemak yang baik untuk kesehatan. Variasi cara pengolahan seperti dadar, orak-arik, hingga rebus, menjadikan telur favorit untuk memulai hari.

Di balik keanekaragaman metode pengolahannya, telur menyimpan khasiat yang tetap utuh. Kandungan protein yang berkualitas, bersama dengan vitamin dan mineral esensial, membuat telur menjadi pilihan gizi yang prima.

Read More

Namun, muncul pertanyaan populer mengenai bagian telur mana yang lebih sehat; putih atau kuning telur?

Menurut analisis yang dilansir oleh Times of India, terdapat perbedaan kalori yang mencolok antara kuning dan putih telur. Untuk satu butir kuning telur ukuran besar, terdapat sekitar 55 kalori, sementara putih telurnya hanya berkalori 17.

Walaupun sering dihindari karena kandungan lemak jenuh dan kolesterolnya yang tinggi, yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, kuning telur ternyata menyimpan lebih banyak nutrisi dibandingkan dengan putih telurnya. Kuning telur merupakan sumber yang kaya akan vitamin B6, B12, A, D, E, dan K, serta mineral penting seperti kalsium, magnesium, zat besi, dan selenium.

Tidak hanya itu, karotenoid yang terkandung dalam kuning telur berperan vital dalam meningkatkan kualitas penglihatan, berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, kuning telur juga kaya akan kolin, sebuah vitamin yang larut dalam air dengan properti anti-inflamasi yang membantu dalam regulasi fungsi kardiovaskular tubuh. Kandungan nutrisi yang begitu kaya menjadikan kuning telur, meskipun sering dianggap kurang sehat, sebenarnya menyimpan manfaat kesehatan yang tidak bisa diabaikan.

Dengan demikian, baik putih maupun kuning telur, keduanya memiliki peran penting dalam diet seimbang dan sehat, masing-masing dengan kelebihan nutrisinya sendiri.

Reporter : Ahdalena

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *