Pilih Hari Baik, Pasangan Edy – Astina Serahkan Berkas Dukungan KPU Banjarbaru

Waktu Baca : 4 menit
SIMBOLIS – Pasangan Bakal Calon jalur perseorangan Edy – Astina menyerahkan secara simboli ke KPU Banjarbaru. 

Banjarbaruklik – Pasangan Bakal Calon Walikota dan Wakil walikota Edy Syaifuddin dan Astina Zuraida, menyerahkan berkas dukungan ke KPU Banjarbaru, minggu (23/02) sore sekitar pukul 18.30 Wita.

Berbeda dengan pasangan Bakal Calon lain. Keduanya memilih jalur perseorangan, untuk bertarung dalam Pilkada Kota Banjarbaru 2020 ini.

Read More

Paslon Edy dan Astina terlihat sangat siap, ketika sampai di KPU untuk penyerahan berkas dihari terakhir batas penyerahan pada Minggu (23/2) ini.

“Sebenarnya kami sudah siap seminggu yang lalu. Tapi kami mencari hari baik untuk penyerahan berkas dukungan, tepat pada hari terakhir untuk batas penyerahan” ujar Edy Syaifuddin kepada Banjarbaruklik.

Dia menjelaskan, total berkas dukungan yang diserahkan pihaknya sebanyak 16.347. Dengan sebaran seluruh kecamatan yang ada di Banjarbaru.

BERI KETERANGAN – Ketua KPU Banjarbaru, Hegar Wahyu Hidayat memberikan keterangan kepada Poros Kalimantan 

Dimana minimal syarat dukungan  untuk Pilkada Kota Banjarbaru jalur perseorangan, yang ditetapkan KPU adalah 15.635 berkas dukungan. Dengan minimal sebaran di 3 Kecamatan. Sehingga pihaknya yakin, untuk penyerahan berkas dukungan ini, sudah memenuhi syarat.

“Kami kerjakeras bersama-sama memanfaatkan waktu untuk mengoreksi berkas-berkas. Agar tidak ada berkas yang ganda atau bermasalah. Serta sudah menyiapkan tiga ribuan berkas dukungan untuk cadangan. Apabila ada kekurangan sesuai permintaan KPU, ” tambah Astina Zuraida.

Pihaknya bersyukur, selama ini tidak ada kendala, karena menurutnya pihak dari KPU sangat memberi bantuan dan support kepada pihaknya.

Terpisah Ketua KPU Banjarbaru, Hegar Wahyu Hidayat mengatakan, Paslon untuk perseorangan di Kota Banjarbaru sampai berita ini diturunkan hanya satu orang saja, yakni pasangan Edy – Astina.

“Ketika ada jalur perseorangan mendaftar, maka dia harus meminta ID dan password untuk Silon.

Sampai detik ini jalur perseorangan meminta ID dan password dan dikerjakan hingga tuntas adalah Edy – Astina. Kami juga sudah memastikan Paslon perseorangan di Banjarbaru hanya satu Paslon,” terangnya pada Minggu (23/2) sore.

Dia menjelaskan, untuk syarat dan minimal yang sudah kami tetapkan pada bulan Oktober 2019 lalu. Untuk dukungan masyarakat di Kota Banjarbaru minimal 15.635 jiwa. Kemudian semua harus tersebar dan minimal di tiga kecamatan di Banjarbaru.

PASLON – Pasangan Bakal Calon perseorangan Edy – Astina memberikan penjelasan kepada awak media, Minggu (23/2) sore.

“Saat melihat hasil Silon dari Edy – Astina, ternyata hampir disemua kecamatan. Artinya sudah memenuhi syarat minimal dan sebarannya,” katanya.

Hegar menambahkan, perlu diklarifikasi untuk saat ini bukan proses pendaftaran. Jadi hanya proses dukungan, untuk syarat sebagai calon perseorangan.

“Untuk penyerahan selama lima hari dari tanggal 19 Februari sampai 23 Februari 2020 ini. Kalau untuk hari ini akan kami buka sampai tengah malam, tepatnya pukul 00.00 Wita,” tambahnya.

Selanjutnya, pihak KPU akan bekerja untuk melakukan pengecekan verifikasi administrasi. Ini menurutnya berguna untuk mencek kegandaan nama dan identitas pendukung dan lainnya.

“Termasuk jika ada dukungan warga TNI atau Polri, PNS dan Lurah, atau perangkat Kelurahan akan kami coret. Untuk pengerjaannya selama 14 hari kedepan. Pengecekan sendiri sampai tanggal 26 Februari 2020. Jadi ada tambahan tiga hari untuk pihak KPU Banjarbaru melakukan pengecekan,” tutupnya.(ari/BK-03/zai)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.