Permintaan Maaf Robby Purba atas Viral Video Pemukulan Anjing di Plaza Indonesia

Robby Purba. (foto : oposisicerdas.com)
Waktu Baca : 3 menit

Banjarbaruklik – Robby Purba akhirnya mengungkapkan penyesalan dan permintaan maaf atas tindakannya ikut mengunggah ulang dan memviralkan video dugaan pemukulan anjing oleh seorang petugas keamanan di Plaza Indonesia. Penyesalan ini datang setelah satpam tersebut dipecat dan kehilangan pekerjaannya.

Masalah ini bermula ketika video insiden tersebut diunggah oleh @marienehariman dan kemudian menjadi viral setelah sejumlah selebritas ikut mempostingnya. Akibatnya, netizen yang marah mendesak agar satpam tersebut dipecat.

Read More

Robby Purba turut mengunggah video tersebut di akun Instagram terverifikasinya. Kehebohan ini menyebabkan Nasarius, petugas keamanan dalam video tersebut, dipecat, dan kontrak vendor tempat Nasarius bekerja diputus oleh Plaza Indonesia.

Presenter berusia 37 tahun itu akhirnya membuat video permintaan maaf. detikcom mencoba menghubungi akun Instagram dan kontak Robby Purba untuk mendapatkan izin mengutip pernyataannya dari video yang diunggah tersebut.

Robby Purba menyatakan bahwa video permintaan maaf tersebut dibuat atas inisiatif pribadi.

“Video ini aku buat dari hatiku yang paling menyesal dan hati yang paling mendalam,” kata Robby dalam video yang dilihat pada Senin (10/6/2024).

Sebagai pemilik hewan peliharaan, Robby menegaskan bahwa dia tidak mendukung kekerasan terhadap hewan. Namun, ia merasa terkejut dan sakit hati melihat video yang diunggah oleh @marienehariman, sehingga ia langsung mengunggah ulang video tersebut yang kemudian menjadi viral.

Namun, setelah muncul rekaman CCTV yang menunjukkan bahwa Nasarius memukul anjingnya untuk menyelamatkan anak kucing, banyak netizen beralih mengkritik Robby karena dianggap menyebarkan informasi tanpa mengetahui latar belakang kejadian. Viralitas video tersebut menyebabkan vendor tempat Nasarius bekerja kehilangan kontrak.

“Aku tidak akan mencari pembelaan, aku tidak akan cari pembenaran. Seharusnya sejak awal ketika menyaksikan video klarifikasi dari handler, hatiku bisa lebih terbuka untuk menerima alasan dan semuanya tanpa harus mencari pembenaran dan juga pembelaan,” ucap Robby.

“Saya sungguh menyesal atas apa yang telah saya lakukan. Saya sadar banyak pihak yang dirugikan atas video reposted yang saya bagikan, khususnya kepada seorang bapak yang mungkin saja sekarang sudah kehilangan pekerjaannya,” lanjutnya.

Robby Purba juga meminta maaf kepada semua pihak yang merasa dirugikan oleh tindakannya.

“Kalaupun yang aku lakukan kemarin seperti tidak memanusiakan manusia, aku minta maaf sekali, aku mohon maaf sekali. Sekali lagi dari hati yang paling dalam, aku minta maaf kepada semua pihak yang dirugikan,” katanya.

Robby menyatakan bahwa kritikan dan cacian yang diterimanya akan menjadi pelajaran berharga bagi dirinya.

“Saya berterima kasih kepada teman-teman yang telah memberikan kritikan pedas, masukan, dan juga cacian kepada saya. Semoga ini menjadi bekal bagi saya di kemudian hari. Dan jika ada aksi selanjutnya yang akan diambil, saya terima,” ucapnya.

Sebelumnya, Plaza Indonesia juga menyampaikan permintaan maaf terkait viralnya insiden pemukulan tersebut dan telah memeriksakan anjing yang terlibat ke dokter hewan untuk memastikan kondisinya.

“Apa yang terjadi hari ini sangat disayangkan dan kami telah melakukan pemeriksaan bersama dokter hewan untuk memastikan kondisi Fay dalam keadaan sehat,” demikian pernyataan resmi dari Plaza Indonesia.

Reporter : Ahdalena

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *