Peringati HGN Ke-63, Dinkes Balangan Ajak Masyarakat Perhatikan Gizi Seimbang

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional (HGN) ke-63, Pemkab Balangan melalui Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Kabupaten Balangan, menggelar sosialisasi masalah gizi seimbang terkait penurunan stunting bertempat di Balai Desa Muara Jaya, Kecamatan Awayan, Rabu (1/2/2023).

Hadir dalam acara mewakili Bupati Balangan, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Balangan, Gazali Al Fatah, Wakil Ketua TP PKK Balangan, Megawati Ulpah Supiani, Kepala Dinas Kesehatan PPKB, Akhmad Nasa’i, dan Sekcam Awayan, Silaturahmi.

Read More

Kepala Dinkes PPKB Kabupaten Balangan, Akhmad Nasa’i menyampaikan bahwa prevalensi stunting di Balangan pada 2021 ke 2022 turun tiga poin, dan untuk target 2024 harus mencapai 14 persen.

“Balangan berada di posisi 29,8 persen khusus stunting. Yang mana target untuk 2024 itu harus turun menjadi empat belas persen, harapannya seperti itu secara nasional. Alhamdulillah ada penurunan dari awal pertama sekitar 50,3 persen kasus stunting,” katanya.

Untuk memenuhi kebutuhan gizi yang baik dan seimbang, Akhmad Nasa’i juga mengajak masyarakat, terutama anak-anak, untuk gemar makan ikan, dan para orang tua harus ikut berperan untuk mencontohkannya.

“Kepada para orang tua, agar dapat memperhatikan gizi anak. Contohkan anaknya untuk gemar makan ikan, karena gizi dan protein ikan sangat penting bagi perkembangan otak anak,” ajak Akhmad Nasa’i.

Sementara itu, saat ditemuai usai acara Sekcam Awayan, Silaturahmi, juga mengharapkan dengan sosialisasi ini, masyarakat Awayan khususnya dapat memahami tentang gizi dengan baik.

“Kita harapkan nantinya masyarakat kita semakin cerdas terutama hal-hal kebutuhan hewani, baik berupa makanan yang memenuhi akan gizi yang baik, mencukupi dan berimbang,” harap Silaturahmi.

Adapun kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan sebagai wujud komitmen Pemkab Balangan dalam memprioritaskan gizi dan kesehatan anak, serta memastikan anak-anak dapat tumbuh dan berkembang optimal sesuai dengan potensi yang dimilikinya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *