Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2024 di Kabupaten Balangan

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2024, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Balangan menggelar kampanye dan pergelaran seni serta meluncurkan program Desa Bersih Narkoba (Bersinar) di Aula Benteng Tundakan, Paringin Selatan, Rabu (26/6/2024).

Acara ini dihadiri oleh Bupati Balangan, Abdul Hadi, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), camat, kepala desa, dan perwakilan siswa-siswi dari berbagai sekolah di Kabupaten Balangan. Kehadiran mereka menunjukkan dukungan penuh terhadap upaya memerangi narkoba.

Read More

Dalam sambutannya, Abdul Hadi menekankan pentingnya peran aktif seluruh elemen masyarakat dalam pemberantasan narkoba. Ia juga meresmikan peluncuran Desa Bersinar di Kabupaten Balangan.

“Untuk mendukung program nasional agar Indonesia bersih dari narkoba, kami telah mengarahkan semua camat untuk mengasistensi kepala desa di wilayah masing-masing, menganggarkan penyuluhan yang bekerja sama dengan BNN Balangan dan Polres Balangan agar semua desa di Kabupaten Balangan bebas dari narkoba,” ujarnya.

Kepala BNNK Balangan, M. Faisal Sidiq, menyampaikan bahwa program Desa Bersinar di Kabupaten Balangan telah berlangsung selama lima tahun sejak dimulai pada 2020. Pada tahun 2024, BNNK Balangan mencanangkan dua Desa Bersinar, yaitu Desa Inan di Kecamatan Paringin Selatan dan Desa Mantimin di Kecamatan Batumandi.

“Launching Desa Bersinar ini merupakan wujud komitmen dan aksi nyata pemerintah daerah dalam upaya memerangi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba,” ujarnya.

Acara peringatan HANI 2024 di Kabupaten Balangan dimeriahkan dengan berbagai persembahan seni, termasuk tarian dari Sanggar Balangan dan pertunjukan Madihin. Penampilan ini tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga menyampaikan pesan edukatif tentang bahaya narkoba kepada masyarakat.

Setelah rangkaian acara lokal, peserta mengikuti secara daring kegiatan puncak peringatan HANI 2024 yang terpusat di Dumai, Provinsi Riau. Kehadiran peserta secara daring menunjukkan bahwa semangat perjuangan melawan narkoba tidak mengenal batas wilayah dan dapat dilakukan bersama-sama di seluruh Indonesia.

Dengan adanya kegiatan ini, BNNK Balangan berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya peran aktif dalam pencegahan narkoba dan memperkuat komitmen bersama untuk menjadikan Balangan sebagai wilayah yang bersih dan bebas dari narkoba.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *