Peresmian TPS 3R Sidoarjo Lestari, DLH : Upaya Pengurangan Sampah

Peresmian TPS 3R Sidoarjo Lestari, DLH Upaya Pengurangan Sampah
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Tasyakuran dan peresmian selesainya pembangunan TPS 3R di Jalan Sidoarjo RT 30 RW 6, Kelurahan Syamsudin Noor, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Senin (24/1/2022).

“Hari ini peresmian tempat pengelolaan sampah di Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Sidoarjo Lestari,” ujar Asisisten Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Kota Banjarbaru Ir Hj Puspa Kencana MP.

Read More

Puspa Kencana menyampaikan bahwa pembangunan TPS menggunakan dana Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021. “Pembangunan dikerjakan selama tiga bulan. Dengan menelan biaya Rp 570 juta,” ucapnya.

Lanjutnya, pengelolaan sampah disini 3R yakni Reuse, Reduce, dan Recycle. “Dimana nanti sampah akan dipisahkan organik dan anorganik yang tentunya bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah,” tambahnya.

Dimana sampah organik nantinya bisa dibuat pupum kompos dan sampah anorganik bisa dibuat menjadi kerajinan dan bisa diperjualbelikan.

Peresmian TPS 3R Sidoarjo Lestari, DLH  Upaya Pengurangan Sampah

“Diharapkan masyarakat bisa mengelola sampah rumah tangga. Semoga TPS disini bisa menjadi percontohan untuk kelurahan lainnya yang ada di Kota Banjarbaru,” harapnya.

Sementara itu, Kepada Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarbaru Sirajoni mengungkapkan konsep dari bangunan tersebut ialah untuk tempat pengelolaan sampah di Kelurahan Syamsudin Noor.

“Jadi sampah itu tidak langsung dibuat ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Sampah yang sudah tidak bisa dimanfaatkan lagi baru dibuang ke TPA, sehingga berdampak pada pengurangan sampah,” jelasnya.

Sirjon sapaan akrabnya ini mengatakan di Kota Banjarbaru sendiri sudah memiliki TPS serupa yang berada di TPS 3R Guntung Upih.

“Kita memprogramkan untuk selanjutnya tiap kelurahan ada TPS 3R. Ini juga menjadi salah satu upaya memudahkan masyarakat untuk mengumpulkan sampah rumah tangganya,” pungkasnya. (Adl)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *