Peran Krusial Bidan di Desa: Upaya Pemerintah Kabupaten Balangan dalam Mendukung Kesehatan Masyarakat

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik– Bidan memiliki peran yang sangat penting sebagai role model masyarakat, konselor, motivator, dan inovator di daerah terpencil. Kehadiran bidan di desa mampu memperluas jangkauan pelayanan kebidanan dan kesehatan anak, serta melakukan promosi kesehatan dan pencegahan penyakit pada bayi.

Taufiqurrahman, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan, menyatakan bahwa bidan sebagai pelaksana pelayanan kesehatan di lini depan di desa, membaur dengan masyarakat dan harus disediakan prasarana yang memadai untuk tempat tinggal dan melaksanakan tugasnya. “Polindes (Pondok Bersalin Desa) ataupun Poskesdes (Pos Kesehatan Desa) adalah fasilitas layanan kesehatan dasar yang ditempati bidan dan memiliki peran penting dalam pelayanan kesehatan masyarakat di wilayah desanya,” ujarnya pada Selasa (25/6/2024).

Read More

Menurut Taufiqurrahman, hampir seluruh desa di Kabupaten Balangan telah memiliki poskesdes, dengan total saat ini mencapai 143 unit. “Pada tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Dinas Kesehatan akan membangun 11 unit poskesdes baru, yang direncanakan berlokasi di antaranya di desa Batumandi, Lampihong Kanan, Piyait, Simpang Bumbuan, dan Ambakiang. Ini termasuk relokasi poskesdes di desa Sungai Tabuk, Auh, dan Kusambi Hilir,” tambahnya.

Selain itu, poskesdes di desa Murung Abuin akan ditambah ruangannya agar lebih layak, serta menyelesaikan pembangunan poskesdes di desa Simpang Tiga dan desa Bungur. “Sebanyak 23 unit poskesdes akan direhabilitasi, tersebar di desa Gunung Riut, Bakung, Tanah Habang, Pudak, Puyun, Jungkal, Kandang Jaya, Mauya, Teluk Bayur, Kaladan, Langkap, Sungai Hanyar, Tampang, Halubau, Sumber Rezeki, Lingsir, Binuang Santang, Mamantang, Layap, dan Mantuyan. Fasilitas di desa Bihara Hilir, Papuyuan, dan Baruh Bahinu Dalam juga akan direhab,” jelasnya.

Ia berharap dengan pembangunan dan rehabilitasi poskesdes ini, para bidan desa tetap ikhlas mengabdi dan menjalankan profesinya dengan baik. “Selamat Hari Bidan Nasional 24 Juni 2024. Terima kasih untuk seluruh bidan. Terima kasih atas cinta kasihnya untuk mewujudkan Balangan Sehat,” tutupnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *