Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian Tingkat Kecamatan Mataraman

Heryanto hadiri Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian, di aula BPP Mataraman. (Foto Kominfo Banjar for Banjarbaruklik.com)
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Dalam rangka mendukung Program Pembangunan Pertanian, Camat Mataraman Heryanto hadiri Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian, di aula BPP Mataraman, Selasa (27/2/2024).

Hadir juga dalam acara ini yaitu Danramil Mataraman, Dinas Pertanian Kabupaten Banjar serta undangan Penyuluh Swadaya dan Penyuluh Pertanian Lapangan.

Read More

Acara ini yaitu dengan disusunnya Progam Aksi Pemantapan Sistem Penyelenggaraan Penyuluhan yang merupakan kelanjutan dari revitalisasi Penyuluhan Pertanian agar dapat berjalan secara produktif, efektif dan efisien khususnya di Kecamatan Mataraman, maka perlunya ditentukan Sumber Daya dan Program Pembangunan Pertanian.

Programa penyuluhan pertanian merupakan rencana kegiatan penyuluhan pertanian yang memadukan aspirasi pelaku utama dan pelaku usaha pertanian dengan potensi wilayah dan program pembangunan pertanian dengan menggambarkan keadaan sekarang, tujuan yang ingin dicapai, masalah dan alternatif pemecahannya.

Untuk tahapan penyusunan programa penyuluhan dimulai dari perumusan keadaan, penetapan tujuan, penetapan masalah, penetapan rencana kegiatan, dan pengesahan programa. Harapannya semoga dalam penyusunan ini dapat benar-benar tepat dan bermanfaat di bidang pertanian sesuai visi misi Bupati Banjar Maju, Mandiri dan Agamis.

Dalam Hal ini Camat Mataraman Heryanto mengatakan bahwasanya agar SKPD  pertanian dapat menyusun Programa Penyusunan sesuai dengan kebutuhan para petani agar benar benar dapat memajukan para petani.

Camat Mataraman juga menyampaikan agar program dapat sinergi dengan Desa karena di Desa ada Program Ketahanan Pangan, berharap potensi pertanian di Desa dapat terus digali dan dikembangkan sebagai contoh potensi kacang tanah juga baik untuk dikembangkan di setiap Desa.

Ia juga berharap setiap bahan sumber daya pertanian dapat dibuat produk jadi tidak hanya dijual dalam bahan mentah agar nilai ekonomi lebih besar dan mensejahterakan petani.

“Penyusunan program juga diharapkan mengandung unsur keadilan dan pemerataan agar semua wilayah dapat sama-sama berkembang sesuai dengan kesepakatan penyusunan program berdasar musyawarah,” tutupnya.

Reporter : Ahdalena/ MC Kominfo Banjar

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *