Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi 2024 Telah Resmi Dibuka

Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan, Saribuddin,(Foto MC Balangan for Banjarbaruklik.com)
Waktu Baca : 3 menit

Banjarbaruklik – Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan, Saribuddin, mengumumkan pembukaan pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) 2024 yang dibuka secara online mulai 3 hingga 13 Juli 2024.

Menurut Saribuddin ini menandai kesempatan besar bagi santri di seluruh Indonesia untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi melalui skema pemanfaatan Dana Abadi Pesantren (DAP).

Read More

Saribuddin mengajak seluruh santri untuk memanfaatkan peluang ini dengan mendaftarkan diri sesuai persyaratan yang telah ditentukan. Dirinya menekankan pentingnya program ini dalam membuka akses pendidikan yang lebih luas bagi santri di berbagai pondok pesantren.

“PBSB ini adalah peluang bagi para santri di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, kami mengundang para santri untuk mengambil kesempatan dan mendaftarkan diri dengan melengkapi persyaratan yang sudah ditentukan,” ujarnya, Senin (8/7/2024).

PBSB tahun ini menawarkan berbagai pilihan program studi yang tersebar di 35 perguruan tinggi mitra dengan total 97 program studi.

“Ini termasuk rumpun keilmuan seperti Keagamaan, Manajemen, Pendidikan, Sains dan Teknologi, Kedokteran, Kesehatan, Ekonomi, dan Sosial Humaniora. Program ini menargetkan kuota beasiswa bagi 1.000 santri untuk melanjutkan studi ke jenjang Strata satu (S1), Strata dua (S2), dan Strata tiga (S3),” jelasnya.

PBSB 2024 merupakan tahun kedua dari kolaborasi antara Kementerian Agama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan. Kerja sama ini berupa pengelolaan dan pendanaan beasiswa gelar yang bersumber dari Dana Abadi Pesantren (DAP).

“Kolaborasi ini dirancang untuk memberikan peluang yang lebih luas bagi lulusan satuan pendidikan yang terintegrasi dengan Pesantren, dalam rangka mengembangkan minat, bakat, dan penguasaan disiplin keilmuan serta pengabdian kepada Pesantren,” terang Saribuddin.

Saribuddin mengungkapkan harapannya agar program PBSB dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para santri untuk meraih pendidikan tinggi.

“Program ini adalah kesempatan emas bagi para santri untuk meraih pendidikan tinggi dan mewujudkan impian mereka. Kami berharap PBSB ini bisa menjadi jalan bagi para santri untuk mengembangkan potensi dan menjadi pemimpin masa depan yang berkontribusi bagi masyarakat dan negara,” katanya.

Proses pendaftaran beasiswa dapat dilakukan melalui aplikasi Pusaka Kementerian Agama atau melalui laman resmi pendaftaran beasiswa, https://pendaftaran-beasiswa.kemenag.go.id/pbsb.

“Kami berharap para santri bisa mengakses informasi dan mendaftarkan diri melalui aplikasi Pusaka atau laman resmi Kementerian Agama. Proses pendaftaran sudah kami buat sepraktis mungkin agar mudah diakses oleh seluruh santri,” tambahnya.

Saribuddin juga menjelaskan bahwa persyaratan dan prosedur pendaftaran telah disusun secara jelas untuk memastikan proses seleksi yang transparan dan adil. Dirinya berharap agar seluruh santri yang memenuhi syarat dapat segera mendaftar dan mengikuti proses seleksi dengan semangat.

“Persyaratan dan prosedur pendaftaran sudah kami tetapkan dengan jelas, sehingga santri bisa mempersiapkan diri dengan baik dan memenuhi semua kriteria yang dibutuhkan,” ungkapnya.

Pembukaan pendaftaran PBSB ini menunjukkan komitmen Kementerian Agama dalam mendukung pendidikan santri di Indonesia. “Kami berkomitmen untuk terus mendukung pendidikan santri melalui berbagai program beasiswa dan bantuan pendidikan. PBSB adalah salah satu upaya kami untuk memberikan akses pendidikan yang lebih baik bagi santri di seluruh Indonesia,”imbuhnya.

Dengan dibukanya pendaftaran PBSB 2024, diharapkan para santri di Kabupaten Balangan dan seluruh Indonesia dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan meraih prestasi akademik yang gemilang. Program ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di pesantren dan memberikan kontribusi positif bagi pengembangan sumber daya manusia di Indonesia.

“Semoga program PBSB ini dapat berjalan lancar dan sukses, serta membawa manfaat yang besar bagi para santri dan pesantren di Indonesia,” pungkas Saribuddin.

Reporter : Ahdalena/ MC Balangan

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *