Penanaman Bersama Sekaligus Pembersihan Di Kawasan Hutan Lindung Lianganggang

Waktu Baca : 2 menit
Banjarbaruklik – sekitar pukul 07:00 pagi diawali embun pagi yang sejuk seluruh Personel Gabungan yang terdiri dari Dishut Prov Kalsel, KPH Kayu Tangi, Balai Perbenihan Tanaman Hutan, dan Polisi Kehutanan berkumpul untuk mengikuti kegiatan Penanaman Bersama sekaligus Pembersihan sampah yang berlokasi di Hutan Lindung Lianganggang, Kamis (14/7).
Dipimpin langsung oleh Kadishut Prov Kalsel Fathimatuzzahra, kegiatan tersebut diawali dengan apel pagi untuk instruksi pembagian tugas dan arahan.
“Hari ini kita akan melakukan pembersihan dan penanaman bibit Mahoni diareal kawasan ini, Kita akan berbagi tugas agar lebih efektif dan maksimal dalam pengerjaannya nanti. Dibagian depan (pinggir jalan) nanti ada yang menanam sedangkan dibagian dalam nanti kita akan melakukan penyemprotan dan pembersihan sampah kayu yang sudah mati serta ruput yang sudah tinggi agar terlihat rapi dan indah. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas lingkungan hidup di Kalimantan Selatan” kata Fathimatuzzahra.
Usai apel pagi digelar, terlihat semua personel sangat berantusias dalam kegiatan yang diawali bersih bersih sekaligus penanaman bersama, dengan menggunkan alat yang sudah dibawa masing – masing personil seperti cangkul, parang, mesin potong rumput, dan penyemprot rumput serta kantong pelastik untuk memumut sampah yang berserakan.
Tidak terlihat ada wajah para personil gabungan yang merasa terbebani walau berdiri berjam-jam dibawa terik matahari dan tanah yang seringkali membuat badan kotor menggugurkan semangat Revolusi Hijau para personel.
Sampai selesai, sekitar 500 bibit Mahoni berhasil ditanam pagi itu dan sampah yang berhasil dikumpulkan langsung dibawa ke TPA terdekat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.