Pemprov Kalsel Mantapkan Persiapan Haul Datu Kalampayan

Waktu Baca : 3 menit

Banjarbaruklik – Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor atau Paman Birin memastikan persiapan Haul Akbar ke-218 Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari (Datu Kelampayan) telah dimatangkan

Hal tersebut disampaikan Paman Birin melalui Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar saat memimpin rapat persiapan di ruang Abrani Sulaiman Kantor Gubernur Banjarbaru, Kamis (4/4).

Read More

“Alhamdulillah, persiapan
Haul Akbar Datu Kelampayan telah dimatangkan dengan baik. Kami ingin memastikan kelancaran dan kenyamanan acara, baik bagi jamaah maupun tamu VVIP yang diundang,” ujar Paman Birin

Haul Akbar yang akan diselenggarakan pada tanggal 15 April 2024 di Masjid Tuhfaturroghibin Dalam Pagar Martapura ini direncanakan akan dihadiri oleh Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin dan sejumlah tamu VVIP yang datang dari luar pulau Kalimantan.

Paman Birin menjelaskan, rapat tersebut membahas berbagai aspek penting untuk kelancaran acara, termasuk skenario-skenario yang akan diambil jika Wapres RI, KH Ma’ruf Amin berhadir pada acara tersebut.

“Kami telah menyiapkan berbagai skenario untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan, mulai dari kedatangan Wapres, pengamanan, hingga pengaturan lalu lintas,” terangnya.

Menurut Paman Birin, pihaknya telah melakukan persiapan yang komprehensif untuk memastikan segala kebutuhan peserta terpenuhi.

Hal ini mencakup penyediaan fasilitas seperti dapur umum, pasokan air bersih, tenda, dekorasi, dan sound system.

Paman Birin juga memastikan bahw bantuan 100 sapi telah dipersiapkan dengan pengawasan ketat dari segi penyembelihan dan kesehatan.

“Koordinasi dengan pihak terkait juga telah dipastikan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan setelah acara,” tuturnya.

Tim food security akan bertugas memeriksa makanan di berbagai lokasi untuk memastikan keamanan makanan. Dapur umum disiapkan dengan 19 titik dan penanggung jawab masing-masing.

Selain itu, untuk menjamin keamanan dan ketertiban selama acara, Paman Birin menyebutkan bahwa telah dilibatkan unsur-unsur keamanan dari TNI, Polri, Satpol PP, dan Dishub. Pengaturan tempat duduk, pengelolaan lalu lintas, serta persiapan kesehatan dan keamanan makanan juga telah menjadi perhatian utama dalam persiapan acara ini.

“Koordinasi dan komunikasi antar semua pihak terkait juga telah dilakukan secara intensif untuk memastikan segala sesuatunya berjalan dengan lancar,” tambah Paman Birin.

Lebih lanjut, Penginapan telah disiapkan di beberapa lokasi dengan total 446 kamar. Kesehatan jamaah akan dijaga dengan posko ICU, posko rujukan, dan posko kesehatan yang ditempati oleh 117 petugas. Mini ICU juga disiapkan di beberapa lokasi strategis.

“Segala aspek lain seperti tempat sampah, dermaga apung, tangki air bersih, dan toilet juga dipastikan tersedia dan terjaga kebersihannya,” kata Paman Birin.

Acara ini dijadwalkan akan menjadi salah satu acara besar yang diselenggarakan tahun ini, dan dengan persiapan yang matang seperti ini, diharapkan dapat memberikan pelayanan yang baik bagi jamaah yang datang

Rapat tersebut dihadiri Sejumlah SKPD terkait Lingkup Pemprov Kalsel, Kapolres Banjar serta Kasi Ops Korem 101.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *