Pemkot Banjarbaru Peringati Hari Aksara Internasional ke-55

Waktu Baca : 2 menit

Read More

Banjarbaruklik – Pemerintah Kota Banjarbaru Peringati Hari Aksara Internasional (HAI) ke-55 dan Pencanangan Gerakan Indonesia Membaca (GIM) Tingkat Kota Banjarbaru Tahun 2020 di Aula Widyatama, Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru, Kamis, (3/12/2020).

Pjs Walikota Banjarbaru diwakili oleh Asisten Pemerintahan Ir H Fahrudin menyampaikan bahwa momen peringatan tahun ini memiliki makna khusus.

“Kita memperingatinya dalam suasana di tengah pandemi covid-19, dan saat ini sudah memasuki era kenormalan baru, sehingga kita harus menerapkan dan menaati protokol kesehatan di setiap aktifitas dan kegiatan yang kita laksanakan,”ucapnya.

Hal tersebut perlu dijadikan perhatian bagi semua, walaupun masih di tengah pandemi, namun hendaknya tidak mengurangi semangat untuk berkontribusi terhadap masyarakat, bangsa dan negara.

“Makna dari peringatan HAI adalah seberapa jauh kita bertekad dan berikhtiar untuk turut berperan dalam gerakan global menuntaskan tuna aksara di tengah masyarakat,”tambahnya.

Dengan tema tersebut diharapkan program pendidikan keaksaraan dapat menjadi lebih adaptif terhadap perubahan-perubahan yang terjadi. 

“Sekaligus sebagai wujud komitmen kita dalam pengentasan buta aksara, dan melaksanakan komitmen internasional yang ditetapkan oleh perserikatan bangsa-bangsa,”ungkapnya.

Selain itu, hari ini juga dicanangkan GIM sebagai salah satu upaya untuk mendukung penuntasan buta aksara dan untuk menumbuhkan minat baca di masyarakat, guna mendukung gerakan literasi masyarakat yang meliputi 6 literasi dasar yaitu literasi baca tulis, literasi numerik, sains, literasi finasial, literasi digital dan literasi budaya dan kewargaan.

“Semoga momentum peringatan HAI dan pencanangan GIM ini menjadikan kita selalu teringat dan terinspirasi tentang kesungguhan berkarya untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan keaksaraan, sebagai pondasi gerakan pemberdayaan masyarakat, bukan sekedar pengentasan keaksaraan semata,”harapnya.

Pada kesempatan itu Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan menyerahkan buku kepada 8 Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kota Banjarbaru secara simbolis. (Adl

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.