Pedagang Pasar Alabio HSU Terharu dengan Aksi Berbagi Paman Birin

Pedagang Pasar Alabio HSU Terharu dengan Aksi Berbagi Paman Birin
Waktu Baca : 3 menit

Banjarbaruklik – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor terus berusaha menyokong ekonomi kerakyatan di daerahnya secara nyata. Hal itu dilakukan Paman Birin sapaan akrabnya dengan gemar membeli makanan-makanan tradisional.

Hal itu kerap ia lakukan di sela menghadiri kegiatan kegiatan formal atau non formal di masyarakat. Seperti usai meninjau kegiatan Vaksinasi Bergerak di Puskesmas Sungai Pandaan, Kecamatan Alabio, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Senin (11/4/2022) siang.

Read More

Didampingi Ketua DPRD Kalsel H Sufian HK, Staf Khusus H Noor Aidi, H Ahmad Maulana dan Taufik Arbain serta sejumlah kepala SKPD antara lain Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Syamsir Rahman, Kadisbunak Hj Suparmi, Kastpol PP dan Damkar H Zakli Aswan.

Paman Birin menyempatkan waktu menyinggahi Pasar Alabio berlokasi di Jalan Kalinegara RT 4 Kecamatan Alabio, Kabupaten Hulu Sungai Utara. Meski terik matahari siang itu menyengat tubuh, Paman Birin tetap bersemangat melangkahkan kakinya menyapa para pedagang dan pengunjung Pasar Alabio.

Ia pun membeli dagangan yang dijual di sepanjang bahu jalan pasar, baik dari sisi kiri maupun kanan dalam jumlah banyak. Beragam jenis makanan yang dibeli antara lain kue kue tradisional khas Banjar, ikan kering, ikan basah, daging ayam, buah buahan, ayam goreng siap saji dan berbagai jenis makanan lainnya.

Makanan yang dibeli tadi, kemudian ia bagikan secara gratis kepada masyarakat sekitar, pengunjung pasar dan pedagang lainnya. “Alhamdulillah, hari ini rezeki nomplok. Iwak (ikan) kering dan basah ludes dibeli Paman Birin. Terima kasih Paman. Mudahan Pian selalu sehat, Amin,” ujar Nur Jannah, salah seorang pedagang ikan di Pasar Alabio penuh haru.

Senada dengan Nur Jannah, Hj Wahidah pedagang kue tradisional mengaku terharu dengan aksi berbagi Paman Birin. Menurutnya, Paman Birin boleh dikatakan sosok bukan kepala daerah bisa, tetapi luar biasa. Pasalnya, kedekatannya dan aksi sosialnya dengan masyarakat dan pedagang sangat luar biasa.

“Bisa dibayangkan kue-kue atau pun bahan makanan yang dibeli, dibagi-bagikan kembali untuk rakyat,” ucap Wahidah.

Dilah pedagang daging ayam juga mengucapkan terima kasih atas kepedulian Paman Birin kepada para pedagang di Pasar Alabio.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengatakan, tujuannya membeli makanan maupun barang dagangan yang djual pedagang lokal, adalah untuk menggerakkan ekonomi kerakyatan. Caranya dengan membeli dagangan UKM atau UMKM, seperti paman pedagang pentol atau yang lainnya.

Terlebih lagi saat ini terjadi pandemi Covid 19 dimana mengakibatkan menurunnya perekonomian daerah maupun secara global. “Namun kita yakin ekonomi kerakyatan di tingkat bawah masih bertahan walaupun pandemi, tentunya kita terus mendorong dan mendukung para pelaku usaha kecil dan menengah ini agar tetap bisa bertahan,” kata Paman Birin.

Ia pun berharap perekonomian Kalsel dapat segera pulih dan bangkit dari dampak pandemi. “Begitu juga dengan wabah Covid, merupakan fokus kita saat ini, bila Covid hilang maka perekonomian masyarakat akan kembali normal,” ucapnya.(abi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.