Pasca Pileg dan Pilpres, Ada Wajah Baru Mencuat Maju Pilkada

Balaikota Banjarbaru
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Pasca Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres), isu Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kembali memanas. Tokoh-tokoh yang sebelumnya bakal maju makin jelas, bahkan muncul wajah-wajah baru.

Indonesia Strategic Institute (INSTRAT), sebuah lembaga kajian pada isu-isu strategis, politik dan sosial humaniora, telah melakukan riset survei untuk mengetahui persepsi warga kota Banjarbaru menyongsong kepemimpinan baru Kota Banjarbaru mendatang. Hasilnya cukup mengejutkan.

Read More

Tokoh-tokoh yang muncul dari hasil survei kebanyakan dari Partai Politik (Parpol). Sebagian juga merupakan Anggota DPRD Banjarbaru Petahana dan juga Caleg yang bakal duduk di kursi parlemen 2024-2029 mendatang.

Sebut saja, tokoh-tokoh yang muncul pada hasil survei seperti Syamsuri (Gerindra), Yuti Mahrita (Gerindra), Syahrial (Golkar), Said Subari (Demokrat), Nukhalis Anshari (PKS), Gusti Iskandar (Golkar), Emi Lasari (PAN) dan Darmyawan Jaya Setiawan (NasDem).

Menariknya, ada lagi dari pengusaha M Rifqi Maulana Mansyur (Ketua Hipmi Kabupaten Banjar) dan tentunya petahana Wali Kota Banjarbaru H Aditya Mufti Ariffin dan juga Wawali Wartono.

Kendati sudah muncul nama-nama dibenak warga terkait tokoh yang mereka kenal saat ini, namun sebagian besar belum memutuskan pilihan. Berdasarkan data INSTRAT yang dirilis 7 Maret 2024 hari ini, 90,5 persen masyarakat masih belum menentukan pilihan calon. “Tidak sampai 10 persen yang sudah menyatakan pilihan,” ungkap Shidiq, salah satu peneliti INSTRAT.

Top of Mind siapa yang akan jadi Wali Kota Banjarbaru mendatang, menempati urutan teratas masih diperoleh oleh M Aditya Muffti Arifin di angka 19,5 persen. Dibandingkan dengan elektabilitas jika Pilkada diadakan pada saat hari dimana survei diselenggarakan, persentasenya tidak jauh berbeda yaitu di angka 21,5 persen.

Kemudian dari sisi popularitas M. Aditya Muffti Arifin sebesar 85,75 persen, tertinggi dibandingkan tokoh-tokoh lainnya di Kota Banjarbaru misalnya Wartono 77,25 persen, Darmawan Jaya Iskandar 57,5 persen, Gusti Iskandar 49 persen, dan Nurkhalis Anshari 48 persen

Memang jika melihat jadwal Pilkada serentak 2024 sebagaimana terlampir dalam PKPU Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024, pendaftaran pasangan calon digelar akhir Agustus 2024 nanti, atau enam bulan lagi. Semakin mendekati jadwal pendaftaran, tokoh-tokoh yang bakal maju dipastikan makin mengkerucut.

Reporter : Ahdalena
Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *