Pasar Laura Difungsikan Kembali

Pasar Laura Difungsikan Kembali
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Relaunching Pasar Laura di Jalan Sukamara, Kelurahan Landasan Ulin Utara, Kecamatan Liang Anggang, Kota Banjarbaru, Senin (21/3/2022).

Walikota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin SH MH menyampaikan bahwa untuk mengoperasionalkan pasar bukanlah suatu pekerjaan yang mudah karena ada beberapa faktor yang sangat besar pengaruhnya, yang diantaranya adalah pedagang serta partispasi masyarakat.

Read More

Dimana masyarakat tidak akan bisa berbelanja kalau pedagangnya tidak ada begitu sebaliknya sehingga dukungan dari semua pihak sangatlah penting dalam menghidupkan pasar.

“Ramai dan tidaknya sebuah pasar adalah tergantung pedangannya dan masyarakat yang akan berbelanja di pasar, Pemerintah membantu dari segi fasilitas dan masyarakat sendiri yang menentukan jalannya perekonomian di Kota Banjarbaru ini,” ucapnya.

Ia berpesan agar pasar Laura ini dijaga dan dirawat dengan baik oleh semua yang terlibat, bukan hanya petugas pasar saja. Namun pedagang dan pembeli pun harus berpartispasi terutama dari segi kebersihan, kerapian dan keindangan pasar.

Berdasarkan ukuran tanah yang disediakan, pasar Laura ini masih luas sehingga memungkinkan untuk menambah bangunan lagi atau dapat difungsikan untuk kegiatan-kegiatan masyarakat lain, sehingga kawasan pasar Laura ini menjadi ramai dan pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Karena pada hakikatnya Pemerintah ada, Pemerintah membangunan tujuan hanya satu yaitu mensejahterakan masyarakat,” pungkasnya.

Pasar Laura dibangun pada Tahun 2018 lalu merupakan bantuan dari Kementerian Perdagangan sehingga desain dan layout dari pasar Laura seragam dengan pasar bantuan lainnya.

Perlu diketahui, Pasar Laura ini diresmikan pada Tahun 2019 dan langsung difungsikan, namun setelah berjalan beberapa bulan ternyata banyak hal yang dikeluhkan oleh pedagang pada saat itu, diantaranya adalah bentuk serta halaman pasar yang tidak memadai sehingga aktivitas di pasar Laura tidak berjalan dengan baik.

Terkait infrastruktur Pemerintah Kota Banjarbaru pada saat itu belum bisa berbuat banyak karena belum ada penyerahan aset pasar dari Kementerian Perdagangan. Aset pasar Laura baru diserahkan kepada Pemerintah Kota Banjarbaru pada Tahun 2021, dengan sebelumnya telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Perdagangan.

Semenjak diserahkannya pasar Laura, Pemerintah Kota Banjarbaru baru bisa merenovasi serta menambah fasilitasnya secara bertahap. Sampai dengan saat ini jumlah kios yang ada di pasar Laura ini adalah 35 buah dan yang berbentuk lapak atau los sebanyak 155 buah dengan jumlah yang telah diisi sekitar 90%. (Adl)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *