Pasang APK di Kawasan Ini Dilarang!

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarbaru baru-baru ini mengeluarkan keputusan terkait penempatan alat peraga kampanye (APK) di wilayah tersebut. (Foto : Dok/ Banjarbaruklik.com)
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarbaru baru-baru ini mengeluarkan keputusan terkait penempatan alat peraga kampanye (APK) di wilayah tersebut, sebagaimana diatur dalam Surat Keputusan (SK) Nomor 56 Tahun 2023 tentang Lokasi Pemasangan APK Peserta Pemilu Tahun 2024.

SK ini diumumkan setelah KPU Banjarbaru menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan berbagai pihak, terutama Pemerintah Kota Banjarbaru pada Jumat (13/10/2023) yang lalu.

“Kami telah menetapkan lokasi pemasangan APK sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2023, dan keputusan ini hasil dari proses rakor,” ungkap Hereyanto, Komisioner KPU Banjarbaru Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan SDM KPU Banjarbaru, pada Sabtu (25/11/2023) pagi.

SK ini sendiri telah ditandatangani pada Senin (20/11/2023) oleh Ketua KPU Banjarbaru, Rozy Maulana. Secara garis besar, SK ini mengatur mengenai lokasi pemasangan APK di seluruh wilayah kecamatan di Banjarbaru.

“Dalam aturan pemasangan APK, ditegaskan bahwa APK dilarang dipasang di tempat umum,” tambah Anto, panggilan akrabnya.

Definisi tempat umum dalam SK tersebut mencakup tempat ibadah, rumah sakit atau fasilitas kesehatan, lembaga pendidikan termasuk halaman sekolah. Selain itu, juga termasuk gedung pemerintah, fasilitas pemerintah, dan tempat lain yang dapat mengganggu ketertiban umum.

Anto menekankan bahwa pemasangan APK di properti pribadi atau perusahaan swasta harus mendapatkan izin dari pemilik atau pengelola tempat tersebut.

“Proses pemasangan APK harus mempertimbangkan prinsip etika, estetika, keamanan, kebersihan, dan keindahan kota sesuai dengan peraturan yang berlaku,” tutupnya.

Reporter: Ahdalena
Redaktur: Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *