PAN Banjarbaru Terima Dua Formulir Bacalon Wali Kota, Syaratkan Dukungan untuk Muhidin

Emi Lasari, Ketua DPD PAN Banjarbaru. (Foto : Ahdalena/Banjarbaruklik.com)
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaru – Dalam perkembangan terbaru menjelang Pilkada Banjarbaru 2024, DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Banjarbaru telah menerima dua pengembalian formulir pendaftaran bakal calon (bacalon) Wali Kota.

Ketua DPD PAN Banjarbaru, Emi Lasari SE, mengonfirmasi bahwa Wali Kota Banjarbaru petahana, Aditya Mufti Ariffin, dan Ketua DPD Partai Nasdem Banjarbaru, Darmawan Jaya Setiawan, adalah dua bacalon yang mengembalikan formulir pada hari yang sama, Jumat (24/5/2024).

Read More

Tidak hanya dua nama tersebut, Emi juga menyebutkan sejumlah nama lain dari eksternal yang telah mendaftar, termasuk Nurkhalis Anshari, Andoko Andi, dan Lisa Halaby. Namun, ada satu kader internal yang belum diungkap identitasnya.

Namun, di balik ramainya pendaftaran ini, terdapat syarat krusial yang ditegaskan Emi kepada para bacalon. Mereka diwajibkan untuk mendukung Ketua DPW PAN Kalimantan Selatan (Kalsel), Muhidin, dalam Pilkada Kalsel mendatang.

“Supaya selaras bacalon yang mendaftar ke PAN, (itu) salah satu pertimbangan kami yang mau berkomitmen memenangkan Muhidin di Banjarbaru,” tegas Emi.

Syarat ini tampaknya bukan sekadar formalitas. Muhidin yang mengusung slogan “Bekerja Bersama Merangkul Semua” menekankan pentingnya keselarasan visi dan misi dalam membangun daerah.

Emi menggarisbawahi bahwa kolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat, termasuk ulama, tokoh masyarakat, pemuda, dan partai politik, sangatlah penting.

Sebagai anggota DPRD Banjarbaru, Emi menyoroti bahwa salah satu fokus utama Muhidin adalah peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan optimalisasi potensi daerah untuk menjadikan Kalsel sebagai penopang Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Banjarbaru sebagai Ibu Kota Kalsel.

“Harus ada keselarasan dalam program itu, karena sebagai ibu kota provinsi harus disiapkan sebagai kota dalam menyangga IKN di Kalsel,” tambahnya.

Tuntutan ini menunjukkan betapa pentingnya kesatuan dalam dukungan politik untuk mencapai tujuan pembangunan jangka panjang.

Apakah bacalon yang mendaftar siap memenuhi kontrak politik ini masih menjadi tanda tanya, namun jelas bahwa dukungan terhadap Muhidin menjadi harga yang harus dibayar untuk mendapatkan tiket dari PAN di Pilkada Banjarbaru 2024.

Reporter : Ahdalena

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *