Paman Birin-Ketua KPU RI Launching Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel 2024

Paman Birin bersama Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari meluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Selatan.(Foto Adpim Pemprov Kalsel for Banjarbaruklik.com)
Waktu Baca : 3 menit

Banjarbaruklik – Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin bersama Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari meluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Selatan di Lapangan DR. Murjani Banjarbaru pada Senin (27/5) malam.

Acara pada malam ini dihibur oleh band tanah air, yaitu Armada Band dan Fourtwnty, grub musik indie asal Indonesia. Sebelum guest star tampil, band pembuka yakni Bigboss membawakan 10 lagu.

Read More

H. Anang Syahrani, seniman asal Banjarmasin itu turut menghibur dengan kesenian Madihin khas Banjar. Nampak piawai sekali tuturan bahasa Banjar dengan guyonannya, satu per satu pejabat pun disebutkannya. Dilanjutkan dengan tarian Dance Galuh Bajapin.

Sederet kursi terlihat sejumlah pejabat di antaranya adalah Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari, Ketua KPU Kalsel Andi Tenri Sompa, Ketua Bawaslu Kalsel Aries Mardiono, Ketua DPRD Kalimantan Selatan Supian HK, Walikota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin dan sejumlah tokoh partai politik lainnya.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin dalam sambutan menyampaikan, bahwa pesta demokrasi harus dibarengi dengan kegembiraan. Sehingga, menurutnya setiap warga yang memilih dapat menentukan pemimpin yang terbaik.

“Pilkada adalah pesta demokrasi. Mestinya membawa kegembiraan, betul apa betul? Sehingga pelaksanaan pemilu harus dengan suasana gembira,” ungkap Paman Birin, penuh semangat.

Paman Birin menilai bahwa pelaksanaan pemilu jika digelar dengan penuh suka cita, maka akan melahirkan pemimpin yang juga membawa kegembiraan.

“Bapak dan ibu sekalian, warga Kalimantan Selatan yang ulun banggakan. Pemimpin adalah rakyat dan rakyat adalah pemimpin, maka tidak ada pemimpin tanpa rakyat. Tidak terjadi pemimpin tanpa pilihan rakyat,” seru Paman Birin, suara penonton bergemuruh.

Diakhir, Paman Birin hanya menitip pesan agar masyarakat turut berpartisipasi dalam mengawal demokrasi di Indonesia, khususnya di Kalsel. Keterlibatan masyarakat, menurutnya membuat kontestasi semakin terjaga dengan baik.

“Shallallahu Alaa Muhammad, shallallahu alaiwasalam. Demikian ulun sampaikan, iwak papuyu makan lemper. Penonton berataan, i love you forever,” ucapnya.

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengungkapkan bahwa keberhasilan pemilu di bulan kemarin maka jadi modal untuk menyongsong Pilkada 2024 akan datang. Ia mengatakan, pemilu akan dimulai sejak 27 November.

“Malam ini dalam rangka silahturahmi sekaligus peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Tahun 2024. Bulan kemarin pada Februari lalu, pemilu berjalan dengan lancar, termasuk di Kalsel. Ini sebagai modal untuk menyongsong Pilkada akan datang,” ungkapnya.

Hasyim mengajak partisipasinya warga untuk terlibat penuh dalam pemilihan nanti. Dengan mencoblos, menurutnya suara demokrasinya akan terwakilkan dengan baik untuk menentukan pemimpin daerah.

“KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota nanti akan mendatangi rumah bapak dan ibu sekalian. Untuk pemukhtahiran data dan penyusunan daftar pemilih,” jelasnya.

Hasyim berharap, warga Kalimantan Selatan dapat terlibat aktif dalam partisipasinya untuk penyusunan data tersebut. Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta pemilihan walikota dan bupati serentak di daerah.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Andi Tenri Sompa mengenalkan single pemilu ‘Ayo Memilih’ dan sebuah Maskot Si Botan.

“Pada malam berbahagia ini, Alhamdulillah kita diberi sehat untuk melaksanakan hajat. Semoga, Allah memberikan pemimpin terbaik untuk daerah kita. Malam ini, kita akan meluncurkan single dan maskot,” ungkap Tenri.

Tenri menyampaikan, keterlibatan semua pihak sangat menentukan kontestasi pemilu akan datang. Sejak bulan Mei, dia mengatakan bahwa rekrutmen telah dilakukan sebanyak 780 orang sebagai petugas PPK di 13 Kabupaten/Kota.

“Kita bersyukur, berjalan dengan lancar. Insyallah, bukan November mendatang juga akan disukseskan. Mudah-mudahan mendapat pemimpin daerah terbaik,” tutupnya.

Reporter : Ahdalena/ Adpim Pemprov Kalsel

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *