Paman Birin Hadiahi Umrah Juara Lomba Jukung Tradisional di Aluh-Aluh Kabupaten Banjar

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Secara swadaya, masyarakat Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar kembali menggelar lomba Jukung Tradisional Piala Paman Birin berlokasi di Desa Pemurus pada Minggu (21/04/2024).

Kegiatan yang diinisiasi Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin ini memberikan hadiah umrah untuk juara pertama atau satu grup beranggotakan enam pedayung, dan uang tunai untuk juara lainnya.

Read More

Bahruddin, salah satu panitia pelaksana menyebutkan, lomba jukung yang diikuti 64 peserta (tiga menyatakan mundur) ini, diselanggarakan dengan hadiah paling besar yakni umrah gratis untuk 6 orang atau satu grup dayung dan puluhan juta uang tunai untuk juara 2 hingga 8 lainnya.

Sehingga wajar ujarnya, masyarakat Aluh-Aluh di 19 desa yang ada, sangat antusias mengikuti event ini.

“Kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Gubernur Paman Birin atas dukungannya dan hadiah yang disediakan,” ujarnya.

Apresiasi juga disampaikan Kepala Desa Tanipah, Sukarnadi kepada Paman Birin yang sangat menaruh perhatian terhadap pengembangan dunia olahraga di Kalsel, termasuk olahraga jukung tradisional.

Melalui perhatian Paman Birin ujarnya, diharapkan generasi muda mencintai olahraga tradisional yang merupakan budaya masyarakat Banjar ini, ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel, Budiono menyebutkan, Jukung tradisional merupakan olahraga masyarakat Kalsel yang tentu terus dilestarikan Pemprov Kalsel melalui Dinas Pemuda dan Olahraga.

Selain melestarikan budaya, event ini merupakan sarana pembinaan dan pengembangan olahraga jukung tradisional yang disiapkan untuk mengikuti event tingkat daerah maupun nasional.

“Melalui olahraga jukung tradisional juga ikut menggerakkan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Pembagian hadiah dan piala kepada pemenang lomba Jukung Tradisional Piala Paman Birin di Aluh-Aluh ini dilakukan Staf Khusus Gubernur Rizal Akbar mewakili Paman Birin.

Rizal Akbar menyampaikan apresiasi Paman Birin kepada semua pihak terlibat sehingga lomba berlangsung jalan lancar dan tertib.

Setelah melalui kompetisi yang sangat ketat, akhir tampil sebagai juara 1 Grup Kunang-Kunang dari Kuin Besar dan dinyatakan berhak mendapatkan hadiah utama berupa umrah gratis dari Paman Birin.

Sebagai runner-up adalah Grup Hijau Daun mendapat hadiah Rp24 juta, Juara 3 Grup Khalid diberi uang pembinaan sebesar Rp14 juta, dan Juara 4 Grup Sultana mendapat hadiah Rp8 juta.

Sedangkan Juara 5 Grup Sukma, Juara 6 Grup Kancil, Juara 7 Grup Iskandar, dan Juara 8 Grup Panglima Kancil masing-masing dihadiahi Rp2 juta.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *