Paman Birin Anjurkan ASN Pemprov Salurkan Zakat melalui Baznas

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dianjurkan untuk menyalurkan zakat infak dan sedekah melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat.

Demikian disampaikan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Sekretaris Daerah Provinsi, Roy Rizali Anwar pada kegiatan “Keteladanan Pemimpin Berzakat”, Jum’at (05/04/2024) di Mahligai Pancasila Banjarmasin.

Read More

Disampaikan Paman Birin, Baznas adalah lembaga yang melakukan pengelolaan zakat secara nasional. Baznas merupakan Lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri Agama.

Dikatakan, Baznas sebagai lembaga resmi pengumpul ZIS, dinilai memiliki pengalaman dan pengetahuan sesuai ajaran agama terkait penyaluran ZIS, sehingga zakat infak dan sedekah yang disalurkan melalui lembaga ini dipastikan tepat sasaran dan sesuai dengan aturan dalam Islam.

Gubernur pun berharap, melalui kegiatan Keteladanan Pemimpin Berzakat setiap Ramadan ini, dapat meningkatkan semangat atau ghiroh muzakki untuk menyalurkan hak para mustahik melalui Baznas.

Pada kegiatan dengan tema “Nikmat Berzakat Tentramnya Muzaki Bahagianya Mustahik” ini Roy Rizali Anwar juga memimpin pembayaran zakat melalui Baznas Provinsi, pembayaran zakat maal dan zakat fitrah ini, diikuti unsur Forkopimda Provinsi, pengusaha dan juga unsur perbankan.

Pada kesempatan itu, Baznad Provinsi Kalsel menyiapkan 3.000 paket “Ramadan Bahagia” pada tahun ini yang penyerahan paket secara simbolis dilakukan Sekdaprov Roy.

Sementara, Ketua Baznas Provinsi Kalsel, Irhamsyah Safari mengatakan, penyaluran tidak hanya dilakukan Baznas provinsi, tetapi juga dibantu UPZ Baznad yang ada di instansi vertikal dan pemerintah daerah, serta sejumlah lembaga dan organisasi. Sehingga semua paket yang disiapkan dapat tersalurkan kepada para mustahik.

Program rutin Ramadan ini diharapkan Irhamsyah dapat sedikit meringankan para mustahik, memenuhi kebutuhan rumah tangga khususnya selama Ramadhan dan jelang Idul Fitri.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *