Operasi Patuh Satlantas Polres Banjarbaru 2019 Akan Diadakan Serentak Selama 14 Hari

Waktu Baca : 2 menit
Kasatlantas Polres Banjarbaru AKP Gustaf Adolf 

Banjarbaruklik – Operasi lalu lintas bersandi Operasi Patuh 2019 dengan tujuan meningkatkan ketertiban dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas.

Operasi ini akan digelar selama 14 hari dari tanggal 29 Agustus 2019 hingga 11 September 2019.

Read More

Selain menciptakan ketertiban lalu lintas, operasi tersebut juga bertujuan meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas.

“Ini serentak di Indonesia dan lebih ke penindakan karena ini operasi patuh,” ucap Kapolres Banjarbaru AKBP Kelana Jaya melalui Kasatlantas Polres Banjarbaru AKP Gustaf Adolf, Minggu (24/8).

Ada beberapa jenis pelanggaran yang kerap terjadi, yakni melawan arus, berkendara di bawah pengaruh alkohol, menggunakan ponsel saat mengemudi, mengemudikan kendaraan tidak menggunakan sabuk keselamatan, melebihi batas kecepatan.

Pelanggaran lain seperti pemotor yang tidak menggunakan helm SNI, berkendara di bawah umur dan tidak memiliki SIM, sepeda motor berboncengan tiga orang, kendaraan bermotor roda atau lebih yang tidak memenuhi persyaratan laik jalan.

“Penekanan dari pimpinan, Direktorat, bila selama ini anak SMP selalu hanya teguran, maka saat operasi patuh pun akan dilakukan penindakan terhadap anak SMP. Kalau cuma teguran seolah sia-sia, hari ini ditegur, besok anak sekolahnya kembali bawa motor,” tegas dia.

Dia mengatakan, teknis bila nanti terjaring anak sekolah pakai motor atau bahkan roda empat akan ditilang dan yang boleh mengurusnya adalah orangtua.

“Wajib ini, atau bisa gurunya,” kata dia.

Bahkan pelanggaran berkendara yang dilakukan anak sekolah ini jadi atensi.(*)

sumber : tribunnews

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.