Netflix Minta Pelanggan Hindari Pembayaran lewat App Store untuk Akses Akun

Ilustrasi Netflix .(Foto : whiteboardjournal.com)
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Pelanggan Netflix kini dihadapkan pada perubahan kebijakan pembayaran yang signifikan, dimana mereka diminta untuk tidak lagi menggunakan App Store Apple sebagai metode pembayaran untuk langganan mereka. Hal ini bertujuan untuk menghindari kehilangan akses ke akun mereka. Perubahan ini diumumkan oleh Netflix sebagai respons terhadap kebijakan pembayaran App Store yang telah lama menjadi titik kontroversi antara Apple dan berbagai aplikasi.

Menurut laporan CNN Business pada Selasa (27/02/2024), Netflix akan segera meminta pelanggan yang saat ini membayar melalui Apple untuk beralih ke metode pembayaran alternatif. Jika tidak, mereka akan kehilangan akses ke akun Netflix mereka saat waktu perpanjangan langganan tiba.

Read More

Perubahan ini berdampak pada pelanggan di semua negara, termasuk Amerika Serikat dan Kanada, khususnya bagi mereka yang membeli paket dasar Netflix. Sejak tahun 2018, Netflix telah memperbolehkan pembayaran langganan melalui App Store, namun dengan kebijakan baru ini, pelanggan yang sebelumnya menggunakan metode pembayaran melalui Apple harus melakukan perubahan.

Langkah Netflix ini muncul di tengah-tengah perdebatan yang lebih luas mengenai potongan 30% yang dikenakan oleh Apple untuk semua pembelian dalam aplikasi, yang telah menyebabkan ketidakpuasan di antara pengembang aplikasi. Meskipun Apple telah memberikan keringanan untuk aplikasi streaming seperti Netflix dan Spotify dengan memungkinkan mereka mengarahkan pelanggan ke situs web mereka untuk pembayaran, perubahan kebijakan Netflix ini menandakan eskalasi dalam perjuangan antara penyedia konten dan platform distribusi.

Kebijakan potongan 30% Apple telah menjadi sumber konflik hukum, termasuk putusan Mahkamah Agung AS baru-baru ini yang melarang Apple mengintervensi ketika pengembang aplikasi memilih untuk menggunakan sistem pembayaran alternatif. Keputusan ini, yang muncul dari gugatan yang diajukan oleh Epic Games terhadap Apple, menyoroti tantangan yang dihadapi oleh perusahaan teknologi besar dalam mengelola hubungan mereka dengan pengembang aplikasi.

Perubahan kebijakan Netflix ini menggarisbawahi dinamika yang berubah dalam industri teknologi, di mana perusahaan-perusahaan besar harus menyesuaikan strategi mereka untuk memenuhi kebutuhan pengguna sekaligus menavigasi peraturan dan kebijakan platform distribusi.

Reporter : Ahdalena

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *