Naikan Pamor Kain Kebanggaan Banua, Paman Birin Apresiasi Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) 2023

Waktu Baca : 3 menit

Banjarbaruklik – Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor atau Paman Birin menyampaikan apresiasinya terhadap Pemerintah Kota Banjarmasin atas pelaksanaan Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) tahun 2023.

Hal ini disampaikan Paman Birin dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Husnul Hatimah pada Opening Ceremony BSF tahun 2023, di Siring 0 KM Banjarmasin, Jum’at (10/3) malam.

Read More

“Saya sampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas konsistensinya dalam menyelenggarakan Banjarmasin Sasirangan Festival. Terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pelestarian kain sasirangan. Kita berhasil membuktikan bahwa sasirangan mampu beradaptasi dengan tren dan kebutuhan zaman, tanpa menghilangkan unsur khas kearifan lokal,” ujarnya.

Menurut Paman Birin ini, kegiatan ini dapat menaikkan pamor kain kebanggan Kalimantan Selatan ini di kancah nasional hingga mancanegara.

Paman Birin juga mengatakan event ini berperan penting dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, yang memberikan ruang bagi para pelaku UMKM untuk memperkenalkan eksistensinya.

Banjarmasin Sasirangan Festival yang dengan kemeriahan dan keunikannya menarik pengunjung dan menjaring wisatawan ini, telah berhasil masuk ke dalam agenda Kharisma Event Nusantara.

Kharisma Event Nusantara (KEN) sendiri merupakan kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan pemerintah daerah dan seluruh stakeholder sektor pariwisata.

Karena itu dirinya mendorong Pemko Banjarmasin agar bisa menaikkan level event rutin yang sudah dilaksanakan sebanyak 7 kali ini.

“Saya mendorong Pemko Banjarmasin untuk menaikkan level Banjarmasin Sasirangan Festival menjadi bagian dari Kalender Pariwisata Nusantara,” sampainya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, melalui video dan sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi Kemenparekraf, Raden Kurlani Ukar, turut mengucapkan selamat atas terpilihnya BSF sebagai salah satu agenda dalam KEN tahun 2023.

“Selamat dan sukses atas terpilihnya dan terselenggaranya BSF sebagai salah satu dari 110 event Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023,”

Dirinya juga menyampaikan harapan dari event yang berfokus pada kain khas Suku Banjar ini agar dapat berkontribusi dalam perekonomian dan pariwisata nasional.

“Semoga event ini dapat berkontribusi dalam memajukan ekonomi nasional demi terbukanya peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya. Dan semoga dapat memperkenalkan keindahan sungai Kalimantan, agar semakin dikenal serta mendatangkan lebih banyak wisatawan,” ujarnya.

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, dalam sambutannya menyampaikan bahwa BSF sejatinya adalah forum bagi para pengrajin dan desainer sekaligus untuk merayakan ulang tahun Dekranas yang ke-42 di tahun ini.

Dirinya berharap event ini dapat menumbuhkan rasa cinta dan bangga kepada kain sasirangan, serta berharap event ini dapat ambil bagian dalam pemulihan ekonomi.

“Mudah-mudahan event ini menjadi sarana bagi kita semakin cinta dan bangga kepada kain sasirangan. Dan mari kita jadikan BSF ini sebagai event kebanggaan Kota Banjarmasin. Dari sini kita berharap pemulihan ekonomi bisa kita laksanakan melalui transaksi yang terjadi dalam event kali ini,” ujarnya.

Kegiatan yang mengusung tema “The Colours of Life” ini merupakan gelaran BSF yang ke-7 yang akan dilaksanakan dari tanggal 10 hingga 12 Maret 2023, dan berpusat di Siring Menara Pandang Banjarmasin.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *