Mitos Terbongkar! Tambahkan Garam pada Odol Bisa Memutihkan Gigi? Ini Kata drg Paulus Januar

Ilustrasi gigi kuning.(Foto : detik.com)
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Beberapa waktu lalu, video viral di TikTok mengklaim bahwa menambahkan garam pada pasta gigi bisa menjadi cara ampuh untuk memutihkan gigi tanpa perlu bleaching. Namun, drg Paulus Januar merespon bahwa cara tersebut belum memiliki dukungan ilmiah yang memadai.

“Walaupun tidak berbahaya, hingga saat ini belum ada studi yang menyebutkan bahwa penambahan garam pada odol dapat memutihkan gigi,” ujar drg Paulus Januar. Menurutnya, membersihkan gigi dari plak gigi atau dental plaque, yang merupakan sisa makanan dalam bentuk partikel halus, adalah langkah yang lebih efektif.

Read More

Meskipun demikian, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat membuat gigi menguning. Menurut dokter gigi Matthew Messina, DDS, makanan dan minuman yang cenderung asam dapat menodai gigi karena asam dapat melemahkan enamel gigi.

Beberapa makanan dan minuman yang meningkatkan risiko gigi bernoda antara lain kopi dan teh, minuman soda, kari, kecap, saus tomat, serta buah-buahan beri dan jus buah. Kopi dan teh mengandung senyawa polifenol yang dapat menembus dan menempel pada email gigi, sedangkan minuman soda yang berwarna gelap dapat membuat gigi menguning karena tingkat keasamannya. Pigmen warna pada kari, kecap, saus tomat, beri, dan jus buah juga dapat menyebabkan noda pada gigi.

“Jus buah yang lebih berpigmen seperti jus cranberry atau delima umumnya merupakan noda terburuk untuk gigi Anda,” kata dokter gigi Mark Burhenne, DDS.

Dengan demikian, sementara klaim mengenai garam dan pasta gigi masih perlu dukungan ilmiah lebih lanjut, penting bagi kita untuk tetap waspada terhadap makanan dan minuman tertentu yang dapat memengaruhi warna gigi.

Reporter : Ahdalena

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *