Mimpi Basah pada Remaja, Pria, dan Wanita: Ini 10 Faktanya

Ilustrasi Mimpi basah.(Foto : detik.com)
Waktu Baca : 4 menit

Banjarbaruklik – Mimpi basah biasa terjadi pada remaja dalam masa pubertas. Namun tak hanya remaja, ternyata mimpi basah juga bisa terjadi pada pria dewasa, bahkan wanita.

Simak artikel ini untuk mengetahui apa itu mimpi basah, mulai dari pengertian, proses terjadi, penyebab, serta mitos dan faktanya.

Read More

Apa Itu Mimpi Basah?
Dilansir dari buku Kesehatan Reproduksi Remaja: Implementasi PKPR dalam Teman Sebaya (2019) oleh Nessi Meilan, dkk, mimpi basah adalah pengeluaran cairan mani saat tidur ujarnya seperti dilansir dari detik.com.

Mimpi basah sering dialami oleh remaja laki-laki. Ini menjadi tanda bahwa remaja tersebut sudah memasuki masa pubertas dan terjadi pematangan sperma di dalam testisnya. Artinya, remaja tersebut sudah memiliki kemampuan bereproduksi.

Proses Terjadinya Mimpi Basah
Dalam buku Pendidikan Kesehatan Reproduksi Siswa SD (2021) oleh Yuly Sulistyorini, dkk, dijelaskan bahwa mimpi basah terjadi sebagai tanda bahwa tubuh remaja laki-laki sudah mulai memproduksi sperma.

Setiap hari, testis laki-laki memproduksi sperma atau air mani. Namun tempat penyimpanan sperma ini terbatas. Mimpi basah merupakan cara alami tubuh mengeluarkan timbunan sperma yang terus diproduksi. Prinsip dari mimpi basah ini sama seperti mengosongkan tempat sampah.

Penyebab Mimpi Basah
Berikut ini beberapa penyebab mimpi basah secara medis yang dikutip dari situs Verywell Health:

1. Mimpi Erotis

Salah satu kemungkinan penyebab mimpi basah adalah mimpi erotis atau yang berkaitan dengan seks pada fase tidur Rapid Eye Movement (REM). Ini dapat menyebabkan orgasme sehingga terjadi ejakulasi.

2. Kadar Hormon Testosteron yang Tinggi
Kemungkinan lainnya adalah karena hormon testosteron yang tinggi. Hormon ini mengalami lonjakan ketika masa remaja, sehingga menyebabkan mimpi basah saat tidur.

3. Penumpukan Sperma

Seperti yang dijelaskan di atas, mimpi basah bisa terjadi karena adanya penumpukan sperma yang terus menerus diproduksi, sementara sperma lama tidak dikeluarkan melalui hubungan seksual.

Mimpi basah merupakan cara tubuh membersihkan diri dari sel sperma lama yang menumpuk.

1. Mimpi Basah Juga Terjadi pada Pria Dewasa

Mimpi basah memang lebih sering terjadi pada masa pubertas karena lonjakan hormon. Namun mimpi basah juga bisa terjadi saat dewasa, meskipun lebih jarang.

2. Wanita Juga Bisa Mengalami Mimpi Basah

Mimpi basah memang selalu diasosiasikan dengan pria, terutama pada masa remaja. Padahal wanita juga dapat mengalami mimpi basah. Mimpi basah pada wanita bisa mengakibatkan orgasme yang disertai keluarnya cairan vagina.

3. Mimpi Basah Tidak Mengurangi Jumlah Sperma
Mitos mengatakan bahwa mimpi basah dapat mengurangi jumlah sperma. Padahal mimpi basah adalah cara tubuh mengeluarkan sperma yang menumpuk, sementara testis tetap memproduksi sperma secara terus menerus.

4. Mimpi Basah Tidak Mengurangi Imunitas

Sebagian orang percaya bahwa mimpi basah mengurangi imunitas tubuh hingga mudah mengalami flu atau infeksi. Ini hanyalah mitos yang tidak berdasar.

5. Mimpi Basah Bukan Tanda Penyakit

Mitos lainnya, mimpi basah dianggap sebagai tanda penyakit atau suatu gejala kondisi medis. Faktanya, mimpi basah adalah kondisi yang normal dan bisa jadi merupakan tanda fungsi seksual yang masih sehat.

6. Masturbasi Mungkin Tidak Mencegah Mimpi Basah

Masturbasi dapat mengurangi kemungkinan terjadinya mimpi basah, karena kantung sperma tidak penuh. Namun ternyata ini tidak menjamin seseorang tidak akan mengalami mimpi basah.

7. Mimpi Basah Tidak Mengecilkan Penis
Mitos menyebutkan mimpi basah akan mengecilkan penis. Pada faktanya, hal tersebut tidak terbukti ilmiah.

8. Ada Orang yang Tidak Pernah Mimpi Basah

Meski mimpi basah menjadi tanda bahwa pria sudah mengalami pubertas. Ternyata ada orang-orang yang selama hidupnya tidak pernah mengalami mimpi basah. Sebagian orang juga hanya pernah mengalaminya pada awal masa remaja.

9. Mimpi Basah Tidak Selalu Mimpi Erotis

Mimpi basah belum tentu terjadi karena mimpi erotis atau melakukan seks. Ini bisa terjadi karena terangsang akibat gesekan alat kelamin dengan celana, tempat tidur, atau faktor lain.

10. Tidur Tengkurap Berpotensi Menyebabkan Mimpi Basah

Tidur tengkurap membuat seseorang lebih berpotensi mimpi basah. Posisi ini memungkinkan penis mengalami gesekan dengan tempat tidur sehingga menjadi terangsang.

Demikian tadi telah kita ketahui apa itu mimpi basah, mulai dari pengertian, proses terjadi, penyebab, serta 10 mitos dan faktanya.

Reporter : Ahdalena
Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *