Mendukung Pertanian Lokal, Anggota DPRD Sumadi Reses di Sungai Ulin Banjarbaru

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Anggota Komisi III DPRD Kota Banjarbaru, Sumadi SP , dengan semangat memulai kegiatan resesnya di Jalan Ir PM Noor RT 21 RW 05, Kelurahan Sungai Ulin, Kota Banjarbaru, Selasa malam (15/8/2023).

Warga setempat hadir dengan antusias dalam acara tersebut, mengapresiasi peran Sumadi dalam pembangunan wilayah tersebut.

Read More

Dalam reses kali ini, kata Sumadi fokus utamanya adalah permasalahan petani yang mendominasi wilayah pemukiman ini.

“Warga yang mayoritas petani meminta bantuan alsintan, seperti hand traktor, perontok, dan pemotong rumput, guna mendukung produktivitas pertanian,” ujanrya.

Namun, Sumadi juga menyoroti pentingnya keseimbangan antara luas lahan dan kebutuhan alsintan, agar efisiensi tetap terjaga.

Sumadi memberi perhatian serius terhadap keluhan tersebut. Ia menegaskan pentingnya pemerintah kota memperhatikan petani di pinggiran wilayah, khususnya di Sungai Ulin.

Dalam penjelasannya, Sumadi mengingatkan bahwa wilayah tersebut memiliki 7 hingga 8 kelompok tani yang menggarap ratusan hektare lahan.

Ia menekankan bahwa peraturan daerah (Perda) ketahanan pangan pertanian dan perikanan yang ada harus dijalankan dengan mempertimbangkan kemampuan keuangan daerah.

Salah satu aspek penting yang dibahas adalah produksi padi di Kota Banjarbaru. Sumadi mencatat bahwa produksi saat ini masih di angka 5 ribu ton pertahun dari target 20 ribu ton.

Dalam rangka meningkatkan produksi, Sumadi mendukung pelaksanaan Perda tersebut untuk mendorong petani mencapai target dua kali panen dalam setahun, yang sebelumnya hanya sekali.

Kegiatan reses ini menjadi bukti nyata dukungan Sumadi terhadap petani wilayah Sungai Ulin. Kehadirannya yang aktif dan mendengarkan aspirasi warga menunjukkan komitmen untuk memajukan sektor pertanian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal.

Warga berharap bahwa langkah-langkah seperti ini akan terus dilakukan untuk mewujudkan pertanian yang lebih produktif dan berkelanjutan di wilayah ini.

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *