MANTAP! Lahir di RSD Idaman Bisa Langsung Dapat Akta Kelahiran Anak

Waktu Baca : 2 menit
RUMAH SAKIT: RSD Idaman Banjarbaru terus berupaya meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan kepada warga.

Banjarbaruklik – Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Kota Banjarbaru terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanannya kepada warga. Baik itu peningkatan mutu layanan kesehatan maupun dari sisi administrasi.

Seperti kerjasama RSD Idaman Banjarbaru bersama Disdukcapil Kota Banjarbaru. Dua instansi ini bekerja sama membuat inovasi pelayanan yang disebut Lapat Enak atau Lahir Dapat Akta Anak.

Read More

Kabag Tata Usaha RSD Idaman Muhammad Firmansyah mengatakan bahwa dengan program ini tentu akan semakin memudahkan masyarakat untuk mendapatkan akta kelahiran.

“Alhamdulillah, sekarang dengan adanya program ini, setiap ibu yang melahirkan di RSD Idaman bisa langsung mendapatkan akta kelahiran anak,” ujarnya.

Syaratnya mudah sangat mudah. Pasien cukup melengkapi persyaratan pembuatan akta kelahiran anak itu sendiri seperti Fotokopi Kartu Keluarga, Fotokopi KTP dan Fotokopi Surat Nikah. Soal teknis di Disdikcapil Kota Banjarbaru bakal dibantu langsung petugas di RSD Idaman Banjabaru.

“Pasien siapkan berkasnya saja, petugas kami yang bantu kontak Disdukcapil Banjarbaru,” ujar Firman.

Minat masyarakat terhadap program ini pun sangat bagus.

Berdasarkan data tahun 2019 lalu, akta kelahiran yang diterbitkan melalui kerjasamanya ini mencapai 690 buah. Artinya rata-rata per bulan akta kelahiran yang diterbitkan sekitar 57 buah.

“Alhamdulillah antusias warga sangat bagus. Mereka sangat bersyukur karena dibantu proses pembuatan akta di rumah sakit,” ujarnya.

Program Lapat Enak ini, selain di RSD Idaman juga bisa didapatkan di praktek bidan mandiri atau pun juga di beberapa Posyandu.

Kemudian bagi masyarakat yang punya kesibukan sehingga tidak sempat mengurus akta kelahiran anaknya ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga bisa melalui pembuatan akta secara online melalui http://layanan online.dukcapil.kemendagri.go.id/. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.