Manfaat Luar Biasa Omega 3 untuk Kesehatan Tubuh: Dari Jantung hingga Kesehatan Mental

Ilustrasi Omega 3.(Foto : detik.com)
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Asam lemak omega 3 merupakan zat esensial yang sangat penting untuk kesehatan tubuh manusia. Omega 3 terbagi menjadi tiga jenis utama: ALA, DHA, dan EPA.

Berdasarkan laman Kementerian Kesehatan RI, berikut adalah beberapa manfaat omega 3 yang luar biasa:

Read More

 

  1. Jantung: Asam lemak omega 3 dalam minyak ikan mampu mencegah penyakit jantung dan stroke, mengurangi pembentukan gumpalan darah, menurunkan tekanan darah, serta meredakan peradangan yang dapat merusak pembuluh darah.
  2. Mata: Omega 3, khususnya DHA, membantu mencegah degenerasi makula yang merupakan penyebab utama kerusakan mata pada lansia.
  3. Otak: Omega 3 memperlambat degenerasi otak yang menyebabkan kepikunan serta dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer.
  4. Penyakit Autoimun: Omega 3 DHA dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 1 dan kondisi penyakit autoimun lainnya.
  5. Tulang dan Sendi: Meningkatkan kadar kalsium dalam tulang, menurunkan risiko osteoporosis, dan meredakan keluhan penderita arthritis atau radang sendi.
  6. Janin: Omega 3, terutama DHA, berperan penting dalam tumbuh kembang janin, serta dapat menurunkan risiko ADHD, autisme, dan cerebral palsy pada bayi.
  7. Risiko Kanker: Penelitian menunjukkan bahwa asupan omega 3 dapat menurunkan risiko kanker usus, prostat, dan payudara, namun membutuhkan penelitian lebih lanjut.
  8. Kulit: Berperan dalam meningkatkan skin barrier, melawan peradangan kulit akibat sinar UV, dan mempercepat proses penyembuhan kulit.
  9. Rambut: Omega 3 membantu pertumbuhan rambut, namun perlu penelitian lebih lanjut pada manusia.
  10. Kesehatan Mental: Omega 3, khususnya EPA, dapat membantu mencegah dan mengobati depresi serta kecemasan.

 

Penting untuk memperhatikan asupan omega 3 melalui makanan atau suplemen, karena zat ini tidak diproduksi oleh tubuh. Konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum mengonsumsi suplemen omega 3, terutama bagi individu dengan kondisi kesehatan tertentu.

Reporter : Ahdalena

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *