Manfaat Dahsyat Daun Kelor: Nutrisi dan Khasiatnya untuk Kesehatan

Ilustrasi daun kelor.(Foto : merdeka.com)
Waktu Baca : 3 menit

Banjarbaruklik – Daun kelor, tanaman yang berasal dari India, dikenal memiliki segudang manfaat kesehatan. Tanaman ini mampu tumbuh cepat, bertahan lama, dan tahan terhadap cuaca panas ekstrem. Kini, semakin banyak orang memanfaatkan daun kelor untuk menjaga kesehatan dan mencegah berbagai penyakit. Umumnya, daun kelor dikonsumsi dengan cara direbus dan air rebusannya diminum selagi hangat.

Kandungan Nutrisi Daun Kelor

Daun kelor mengandung beragam nutrisi penting. Mengutip data dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kementerian Pertanian, daun kelor mengandung:

Read More
  • Protein (19-29%)
  • Serat (16-24%)
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Vitamin A, B (kolin, thiamine, riboflavin, niacin), C, E
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Zat besi
  • Sulfur
  • Asam oksalat

Manfaat Rebusan Daun Kelor bagi Kesehatan

Berikut beberapa manfaat mengonsumsi rebusan daun kelor:

  1. Menurunkan Kolesterol Daun kelor mengandung senyawa fenolik dan flavonoid yang efektif menurunkan kadar kolesterol, mengurangi pembentukan plak aterosklerotik, serta meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.
  2. Mengatasi Asam Urat Kandungan flavonoid, tanin, dan alkaloid dalam daun kelor mampu menurunkan kadar asam urat dan memiliki sifat antiinflamasi untuk mengatasi nyeri dan pegal linu.
  3. Mencegah Gangguan Ginjal Antioksidan tinggi dalam daun kelor membantu menjaga kesehatan ginjal dan memastikan fungsi ginjal berjalan baik.
  4. Meminimalisir Diabetes Flavonoid pada daun kelor dapat membantu mengontrol kadar gula darah, mengurangi risiko diabetes.
  5. Menjaga Fungsi Jantung Daun kelor dapat mengontrol lipid darah, mencegah pembentukan plak di arteri, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.
  6. Mencegah Radikal Bebas Kandungan antioksidan daun kelor melawan radikal bebas, yang dapat menyebabkan penyakit kronis seperti jantung dan diabetes.
  7. Menjaga Fungsi Hati Daun kelor membantu menjaga fungsi hati, mempercepat perbaikan sel hati, dan melindungi dari kerusakan oksidatif.
  8. Mengobati Edema Sifat antiinflamasi daun kelor diyakini mampu mengatasi edema, yaitu penumpukan cairan di jaringan tubuh.
  9. Mencegah Risiko Kanker Senyawa antikanker seperti glukosinolat, niazimicin, dan benzil isotiosianat dalam daun kelor membantu mencegah pertumbuhan sel kanker.
  10. Menjaga Kesehatan Prostat Ekstrak daun kelor mengandung belerang yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker prostat dan mengurangi kadar antigen spesifik prostat.
  11. Menurunkan Berat Badan Daun kelor diyakini dapat mengurangi pembentukan lemak dan meningkatkan pemecahan lemak di tubuh, membantu menurunkan berat badan.
  12. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Kandungan thiocarbamate, glikosida, dan nitrile dalam daun kelor efektif menurunkan tekanan darah tinggi, cocok untuk penderita hipertensi.

Cara Merebus Daun Kelor dengan Benar

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, cara merebus daun kelor harus benar. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Ambil sekitar 50 gram daun kelor dan cuci hingga bersih.
  2. Rebus daun kelor sampai mendidih.
  3. Saring air rebusan dengan saringan.
  4. Tambahkan madu jika ingin memberikan rasa manis, lalu aduk hingga merata.
  5. Minum rebusan daun kelor selagi hangat.

Untuk merasakan manfaatnya, disarankan meminum rebusan daun kelor setiap pagi dan malam hari.

Reporter : Ahdalena/ MC Kominfo Banjar

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *