Malaysia Berhasil Menangkap 55 Imigran Ilegal: Mayoritas WNI

Ilustrasi Malaysia menahan WNI (Warga negara Indonesia).(Foto : liputan6.com)
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Dalam operasi besar yang dilaksanakan oleh Departemen Imigrasi Malaysia, 55 imigran ilegal tanpa dokumen resmi telah ditangkap. Mayoritas dari mereka merupakan warga negara Indonesia (WNI). Operasi ini berlangsung selama dua hari, mencakup 27 lokasi berbeda di seluruh Malaysia sejak Senin (13/5/2024).

Direktur Imigrasi Negara, Kennith Tan Aik Kiang, menyatakan bahwa dari 200 warga negara asing yang diperiksa, 55 di antaranya ditahan di wilayah Nilai dan Seremban. Para imigran ilegal ini terdiri atas 30 WNI, 11 warga Bangladesh, 6 warga Vietnam, 6 warga Myanmar, dan 2 warga Pakistan.

Read More

“Sepuluh perempuan dan seorang bayi berusia satu tahun termasuk di antara yang ditangkap. Dalam satu penggerebekan, lima pria asal Indonesia berusaha kabur tetapi berhasil ditangkap setelah pengejaran singkat,” ujar Kennith.

Para imigran tersebut diduga melanggar undang-undang imigrasi, termasuk melebihi masa tinggal (overstaying), tidak memiliki dokumen perjalanan yang sah, dan memasuki negara tersebut secara ilegal. Selain itu, 12 warga negara Malaysia yang dianggap sebagai majikan dan pemilik properti juga dipanggil untuk membantu penyelidikan.

Kennith juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan informasi terkait keberadaan imigran ilegal ini. “Kami ingin memperingatkan para majikan sekali lagi bahwa mempekerjakan atau menggunakan jasa warga negara asing tanpa dokumen resmi merupakan pelanggaran serius,” tegasnya.

Reporter : Ahdalena

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *