Malam Arba Mustamir, Warga Palam Bersalawat Keliling Kampung

Waktu Baca : < 1 menit

Banjarbaruklik – Sejak dulu umat muslim di Kalimantan Selatan melakukan tradisi hari Arba Mustamir atau hari Rabu terakhir bulan Safar adalah hari bala bencana diturunkan ke muka bumi, yang mana tahun ini jatuh pada (21/9/2022).

Untuk menghindari bala bencana tersebut, warga Kelurahan Palam Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru berkeliling kampung sembari bersalawat burdah secara serentak, Selasa (20/9/2022) malam.

Read More

Dengan membaca salawat burdah, warga meminta perlindungan kepada Allah SWT untuk menghadapi hari Arba Mustamir.

Sambil membawa obor, para warga mulai dari orang tua sampai anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan yang rutin dilaksanakan tiap tahun tersebut.

Lurah Palam Ciptadi Sunaryo bersama aparatur kelurahan lainnya ikut berkeliling bersama warga. Ciptadi mengatakan, tradisi ini sudah turun temurun dilaksanakan.

“Masyarakat Kelurahan Palam sudah turun temurun mengisi malam Arba Mustamir ini dengan kegiatan burdah keliling,” ujarnya.

Dimana, pada setiap RT, Masjid dan Langgar melaksanakan pembacaan salawat burdah.”Secara serentak masing-masing melaksanakan pembacaan burdah keliling di wilayahnya,” tambahnya.

Lalu, keesokan harinya akan dilaksanakan sholat hajat dan doa bersama. “InsyaAllah pada hari Rabu akan dilaksanakan sholat hajat bersama di masing-masing Masjid, diisi juga dengan kegiatan ceramah dan doa bersama setelah sholat zuhur,” tuntasnya. (Adl)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.