Lima Minuman Ajaib yang Efektif Turunkan Asam Urat

Manfaat air lemon untuk asam urat.(Foto : health.grid.id)
Waktu Baca : 3 menit

Banjarbaruklik – Asam urat terjadi karena kristal asam urat menumpuk di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, atau jempol kaki. Penyebab asam urat adalah konsumsi makanan tinggi purin, seperti daging merah, seafood atau minuman tinggi gula. Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan, asam urat menyebabkan bagian tubuh tertentu menjadi bengkak, terasa nyeri, dan panas. Karena kondisi tersebut dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, ketahui daftar minuman apa saja yang bisa menurunkan asam urat berikut ini.

Minum apa biar asam urat turun? Ada sejumlah minuman alami yang dapat dijumpai sehari-hari untuk menurunkan asam urat supaya jari kaki, pergelangan kaki, lutut, atau jempol kaki bebas dari rasa nyeri. Simak daftar minuman yang bisa menurunkan asam urat berikut ini

Read More

1. Kopi

Dilansir dari VeryWellHealth, kopi bisa menurunkan asam urat pada laki-laki maupun perempuan jika diminum satu cangkir setiap hari. Manfaat tersebut bisa dirasakan karena kopi mengandung asam klorogenat yang menghambat proses pemecahan purin menjadi asam urat. Namun, gula atau krim sebaiknya tidak ditambahkan ke dalam kopi supaya manfaatnya untuk menurunkan asam urat tidak hilang.

2. Teh campur jahe

Merujuk pada Continental Hospital, mencampurkan jahe ke dalam teh bisa menjadi obat untuk menurunkan asam urat. Teh campur jahe bisa menurunkan asam urat karena memiliki sifat antiinflamasi yang dapat meredakan nyeri asam urat dan peradangan. Teh campur jahe bisa dinikmati tanpa campuran bahan lain atau dengan tambahan madu untuk memberikan efek yang menenangkan.

3. Air lemon

Cara lain untuk menurunkan asam urat adalah meminum air lemon yang kaya kandungan vitamin C. Vitamin tersebut berguna untuk membantu menurunkan kadar asam urat dan mengurangi serangan asam urat. Agar serangan asam urat dapat dicegah, masukkan setengah gelas air lemon ke dalam air hangat.

Minuman yang bisa menurunkan asam urat tersebut dapat dikonsumsi setiap hari atau sepanjang hari. Namun, penderita gangguan lambung sebaiknya berkonsultasi ke dokter sebelum mengonsumsi minuman ini.

4. Jus ceri

Jus ceri menjadi salah satu minuman alternatif untuk menurunkan asam urat. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jus ceri secara signifikan dapat menurunkan kadar asam urat dan berpotensi mengurangi frekuensi serangan asam urat. Konsumsilah ceri yang sudah dijus tanpa tambahan pemanis dan batasi asupan satu hingga dua cangkir setiap hari.

5. Susu rendah lemak

Penelitian menunjukkan bahwa produk susu rendah lemak seperti susu skim dan yogurt mungkin memiliki efek menurunkan asam urat Susu nabati juga dapat dikonsumsi untuk menurunkan asam urat karena mengandung kalsium dan vitamin D jika mengalami intoleransi laktosa. Nah, itu dia sejumlah minuman untuk menurunkan asam urat yang dapat dikonsumsi dan mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Reporter : Ahdalena

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *