Lima Kasus Ular Mura di Paringin, Satu Korban Meninggal Dunia

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, kembali mendapatkan laporan terkait animal rescue jenis ular, Senin 2 Januari 2023, pukul 13.00 wita.

Menurunkan Tim Reaksi Cepat (TRC), personil langsung menuju pemukiman warga di Desa Rica, Kecamatan Paringin, dan melakukan pemeriksaan disekitar pemukiman.

Read More

Anggota TRC PB-BPBD Balangan, Armansyah mengatakan, berdasarkan pengalaman dan keterangan warga, Tim menemukan tempat yang mencurigakan, yang dinilai sebagai tempat bersembunyi ular tersebut.

“Dengan menggunakan peralatan keamanan khusus, akhirnya ular jenis Mura ditemukan hingga berhasil ditangkap dengan aman,” ujarnya.

Dilain pihak, Syarifudin atau akrab di sapa Udin Pawang, warga Keluarahan Paringin Kota mengatakan, jenis ular mura, ular sembur, ular sendok, ular kobra, tidak bisa ditangani sembarangan karena mengancam nyawa.

“Jangan di potong pakai parang, karena bagian arah kepalanya akan mengamuk membabi buta dan berbahaya bagi orang disekitar, lebih baik amankan diri dan keluarga, lalu hubungi nomor telpon bantuan khusus,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Balangan, H Rahmi mengimbau, jika ada temua terkait animal rescue, diantaranya terkait ular diwilayah pemukiman warga, agar tidak bertindak sendiri, dan segera laporkan ke Tim TRC PB-BPBD Balangan.

“Apabila ada temuan terkait animal rescue, atau yang saat ini kerap ditemui berupa ular jenis mura atau jenis ular lainnya di pemukiman warga, jangan bertindak sendiri, segera amankan diri dan keluarga dan laporkan ke pihak BPBD Balangan,” imbaunya.

Diketahui, sejak bulan Desember 2022 hingga Januari 2023 telah ditemukan sekitar lima kasus ular Mura di pemukiman warga, semua kasus di Kecamatan Paringin, dengan satu orang korban meninggal dunia.

Warga diminta berhati-hati dan selalu menjaga kebersihan rumah, pekarangan hingga areal wc, kamar mandi serta dapur.

Berikut nomor kontak serta akses lainnya untuk menghubungi BPBD Balangan terkait berbagai pelaporan

No. Telp/fax : (0526) 2094038
Emergency call : 052620944322
Website : bpbd.balangankab.go.id
Instagram : bpbd_balangan
E-mail : [email protected]
Frequency HF Repeater BPBD Balangan :
Output :14.7140+600
Input :14.7740
Ton/T-CDC : 88.5

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *