Lima Jenis Air Rebusan Rempah yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Ilustrasi air lemon dan jahe.(Foto : kompas.tv)
Waktu Baca : 2 menit

Memiliki tubuh langsing dan ideal tentu menjadi dambaan banyak orang. Demi mewujudkannya, berbagai metode, baik modern maupun tradisional, kerap dicoba. Salah satu cara tradisional yang cukup populer adalah mengonsumsi air rebusan daun atau rempah tertentu. Metode ini dinilai lebih aman dan minim risiko dibandingkan dengan konsumsi obat pelangsing, serta bahan-bahannya mudah didapat.

Namun, penting diingat bahwa mengonsumsi air rebusan saja tidak cukup untuk menurunkan berat badan. Menjaga pola makan dan rutin berolahraga tetap perlu dilakukan agar hasilnya lebih optimal. Lalu, apa saja air rebusan yang diyakini efektif dalam membantu menurunkan berat badan? Berikut ulasannya dari berbagai sumber.

Read More

1. Jahe

Khasiat jahe untuk kesehatan sudah terkenal sejak lama. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat membantu menurunkan berat badan. Menurut NDTV, konsumsi jahe dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama, sehingga nafsu makan terkendali dan mengurangi keinginan untuk ngemil. Jahe juga mengandung senyawa yang membantu pembakaran lemak, pencernaan karbohidrat, dan pemanfaatan hormon insulin dalam tubuh.

2. Kunyit

Kunyit tidak hanya berguna sebagai bumbu dapur, tetapi juga sebagai ramuan penurun berat badan. Healthshots menyebutkan bahwa air kunyit dapat melancarkan pencernaan dan meningkatkan metabolisme. Selain itu, konsumsi air kunyit juga dapat meningkatkan sistem imun, memelihara kesehatan kulit, dan berpotensi mencegah risiko penyakit jantung.

3. Kayu Manis

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kayu manis dapat mengurangi resistensi insulin, sehingga membantu penurunan berat badan. Air rebusan kayu manis juga bisa meningkatkan rasa kenyang dan menekan nafsu makan, membantu Anda mengontrol asupan makanan lebih baik.

4. Daun Salam

Daun salam mengandung serat yang membuat tubuh kenyang lebih lama dan meningkatkan fungsi pencernaan. Sistem pencernaan yang baik sangat penting dalam pengelolaan berat badan. Selain itu, air rebusan daun salam juga dapat meningkatkan metabolisme, membantu tubuh membakar lebih banyak kalori.

5. Bawang Putih

Selain menjadi bumbu masakan, bawang putih bisa diramu menjadi minuman penurun berat badan. Times of India mengungkapkan bahwa campuran air hangat, bawang putih, dan perasan lemon dapat meningkatkan metabolisme dan fungsi pencernaan. Dikombinasikan dengan diet sehat dan olahraga, minuman ini bisa membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

Menurunkan berat badan memang memerlukan usaha dan konsistensi. Mengonsumsi air rebusan rempah bisa menjadi salah satu cara yang alami dan sehat untuk membantu mencapai tujuan tersebut, asalkan tetap diimbangi dengan pola makan yang baik dan olahraga teratur.

Reporter : Ahdalena

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *