Lawan Covid-19, Walikota Bakal Bentuk Gugus Tugas Tingkat RT

  • Whatsapp
Waktu Baca : 2 menit
Walikota Banjarbaru, H Nadjmi Adhani

Banjarbaruklik – Pandemi Virus Corona membuat jajaran Pemkot Banjarbaru melayangkan kebijakan-kebijakan strategis terhadap penanganan Covid-19. Tak cukup Gugus Tugas di tingkat kota, Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani bakal membentuk Gugus Tugas Tingkat RT.

Diakui Nadjmi, ia sudah merapatkan dan memetakan permasalahan penanganan Covid-19 di Kota Banjarbaru. Dari hasil rapat Selasa (7/4) tadi ada tiga hal yang akan evaluasi.

Read More

“Dalam penanganan masalah ini ada tiga yaitu penanganan di bidang kesehatan, penanganan dijaring pengaman sosial (ketahanan pengannya), dan penanganan pemberdayaan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Nadjmi menyampaikan mengenai penanganan di bidang kesehatan sudah jelas langkah-langkah kita yaitu di RS dan Dinas Kesehatan. Kemudian untuk jaring pengaman sosial sudah dipetakan dan didokumentasi keluarga miskin dan warga rentan miskin di Banjarbaru.

“Keluarga miskin itu ada dicover oleh pemerintah pusat melalui Program Keluarga Harapan (PKH) dan ada data keluarga miskin yang akan kita sentuh melalui Anggaran Pendapat dan Belanja Daerah (APBD), untuk klasifikasi rentan miskin yaitu keluarga yang saat ini tidak bisa bekerja karena Pandemi Covid-19,” terangnya

Nadjmi menyampaikan pada hasil rapat memutuskan untuk membentuk tim gugus tingkat RT untuk penganan Covid-19.

“Kami memutuskan membentuk tim gugus tingkat RT dengan tugas 3 hal yaitu pertama mendata warga yang datang di setiap RT, yang kedua mendata warga yang sakit agar kita cepat dalam hal penanganan, dan yang ketiga mendata siapa saja warga miskin dan rentan miskin supaya penanganan kita bisa lebih detail zoom ke tingkat RT dan kelurahan,” tegasnya

“Terakhir yaitu merapatkan tentang kesiapan rencana ASN kita untuk ikut peduli dalam persoalan ini. Bagaimana bentuk kepeduliannya yaitu terhitung dari bulan ini dengan menyisihkan sebagian tunjangan pegawai untuk membantu warga,” tutupnya. (adl)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *